33 Anggota KPU se-Kepri Diberi Pelatihan Administrasi Keuangan

TANJUNGPINANG, siantannews – Selesai dilantik, sebanyak 33 Komisioner KPU Kabupaten/Kota di Kepri masuk masa orientasi sebagai pengenalan tugas dan fungsi sebagai anggota KPU.

Ketua KPU Kepri Arison mengatakan, pemberian masa orientasi Komisioner KPU ini dilakukan sebagai langkah awal anggota dalam memahami tugas dan fungsi serta internal tugas sebagai komisioner.

“Kita sangat prihatin banyaknya anggota KPU yang tersandung kasus korupsi, meski memang sukses dalam pelaksanaan tahapan dan pelaksanaan Pemilu. Oleh sebab itu, guna memantapkan kinerja anggota KPU dalam pelaksanaan pemilu, selesai pelantikan ini semua akan masuk masa orientasi selama satu minggu,” kata Arison pada wartawan usai melantik 33 KPU Kabupaten/kota, kemarin.

Selain melakukan masa orientasi, Arison menambahkan pihaknya juga akan memberilan pendidikan dan pelatihan pada Komisioner dengan mengundang, deputi di Kementerian Dalam Negeri, BPK serta Kementerian Keuangan.

Hal ini dilakukan untuk membuat sebuah formulasi dalam sistim pelaporan keuangan sesuai dengan aturan dan mekanisme yang berlaku, baik penggunaan dana APBN maupun APBD.

“Selama ini yang terjadi adanya perbedaan pengelolaan keuangan Pusat dan daerah, termasuk ruang lingkup tugas Komisioner dan Sekretariat KPU, hingga lapiran atas dana yang digunakan bermasalah,” ujarnya.

Di sektor penggunaan dana dari APBN sendiri, selama ini tambah Arison sudah memiliki juklak dan juknis pelaporan yang baku. Sementara, dana hibah dari APBD memiliki mekanisme dan aturan Perda yang berbeda-beda, hingga sejumlah kasus yang membelit anggota KPU akibat tidak adanya juklak dan juknis baku pada masing-masing daerah dalam pelaporan penggunaan dana.

“Kedepan, Komisioner KPU ini akan diberikan pelatihan dan sistim manajemen pelaporan keuangan, termasuk ruang lingkup tugas dan kewenangan anggota komisioner,” pungkasnya.

Editor : Cs

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

www.000webhost.com