Bakamla RI : Sistem Pertahanan Negara ( Maritim ) Bersama Fungsi Masyarakat Kota Batam

Dandim 0316 Batam Letkol Inf. Andreas Nanang D.P (Fhoto : Istimewa)

Letkol Inf. Andreas Nanang D.P

Sosialisasi Dan Penyerahan Life Jacket 300 Unit Kepada Masyarakat Nelayan Batam.

Program Perdana Dandim0316 / Batam Tahun 2016.

Tapi Yang Paling Utama Adalah Menjaga Solidaritas NKRI Supaya Masyarakat Menjadi Satu Dan Teguh Di Dalam Satu Pilar Yaitu Pancasila.

Kolonel Kav. M. Irawadi ( Bakamla RI )  Didampingi Dandim 0316 Batam Menyerahkan Life Jacket Kepada Masyarakat Nelayan Barelang Batam (Fhoto : Istimewa)

Kolonel Kav. M. Irawadi ( Bakamla RI ) Didampingi Dandim 0316 Batam Menyerahkan Life Jacket Kepada Masyarakat Nelayan Barelang Batam (Fhoto : Istimewa)

samuderakepri.co.id, Batam – Bumi pertiwi ( NKRI ) yang terdiri dari ribuan pulau serta memiliki kekayaan alam yang melimpah ruah adalah anugerah Tuhan Yang Maha Besar. Sudah sepatutnya kita semua sebagai makhluk ciptaan Nya bersyukur dan wajib menjaganya dari gangguan apapun. Khususnya para komponen bangsa ini selaku pemangku amanah kewenangan rakyat Indonesia sebagai bangsa yang besar pula. NKRI harga mati…! Dalam kalimat harga mati yang tidak dapat ditawar dengan apapun. Alangkah indah dan nikmatnya hidup di bumi pertiwi ini bila dapat menyentuh relung hati kehidupan rakyat Indonesia. Khususnya masyarakat Batam yang berada dalam dua Nakhoda yang selalu memperebutkan harga diri, bukan Kinerja sebagai harga mati…? Serta diiringi pula dengan pelaksanaan sistem dan aturan yang tepat guna pada setiap Lini Pemerintahan demi terciptanya perekonomian bangsa Indonesia yang stabil.

Kolonel Kav. M. Irawadi, S.E, M.Si Plt. Kasubdit Pengembangan Potensi Keamanan dan Keselamatan Laut Bakamla R.I menyampaikan, bahwa dengan bersinergi apapun dapat kita kerjakan, kita atasi dengan rasa aman dan nyaman. Khususnya keselamatan dilaut bagi masyarakat nelayan. Life Jacket mampu bertahan hingga tiga hari dengan kapasitas beban 120 Kg. Pada saat ini masyarakat nelayan Kota Batam memperoleh bantuan Life Jacket sebanyak 300 Unit. Pendistribusiannya dilakukan oleh Kodim 0316 / Batam. Badan Keamanan Laut RI ( Bakamla RI ) langsung dibawah Presiden. Tugas pokoknya melakukan patroli lalu lintas laut, berkoordinasi dengan Menkopolhukam. Pelaksanaan dilapangan oleh Komando Maritim. Kolonel Kav. M. Irawadi sangat berterima kasih atas dukungan yang diberikan Pemko Batam serta antusiasnya masyarakat nelayan Batam. Khususnya jajaran Kodim 0316 / Batam ( Staff Teritorial ) sehingga acara sosialisasi terlaksana dengan baik dan cermat.

Dandim 0316 / Batam Letkol. Inf. Andreas Nanang D.P, yang baru kembali dari Lebanon menunaikan tugas Negara menyampaikan, bahwa Kodim 0316 / Batam mendukung program pemerintah terutama ketahanan pangan meskipun cukup sulit karena Batam bukan daerah pertanian. Tapi yang paling utama adalah menjaga solidaritas NKRI supaya masyarakat menjadi satu dan teguh didalam satu pilar negara ini yaitu Pancasila. Dan ada beberapa program Kodim 0316 / Batam diantaranya memberdayakan fungsi masyarakat, membina serta membangun kesadaran / menjalin komunikasi yang baik di dalamnya. Program bantuan Teritorial ( Sosialisasi dan penyerahan Life Jacket ) pendistribusiannya dilakukan secara bertahap. Saat ini diberikan kepada masyarakat nelayan Pulau Akar, Pulau Setokok dan Pulau Panjang 50 Unit.

Pada bulan Maret depan, Life Jacket diberikan kepada masyarakat nelayan Tanjung Uma dan Belakang Padang. Ini program perdana Dandim 0316 / Batam.

Mansar Ketua Kelompok Usaha Bersama Akar Mandiri Batam menyampaikan “Masyarakat nelayan sangat bersyukur dan merasa bangga dengan adanya program kemasyarakatan TNI – BAKAMLA RI. Doa dan harapan kami masyarakat nelayan disini, semoga nantinya disusul program kemasyarakatan lanjutan sesuai dengan apa yang disampaikan oleh Bapak Kolonel ( Bakamla RI ) dan Bapak Dandim…” sambil tersenyum…

Batam pada masa kini telah berkembang menjadi kota industri dan pariwisata namun tetap kental dengan ciri khas petuahnya yang penuh makna “ Inilah Kisah Jaman Dahulu, Kerajaan Bernama Indra nan Sakti, Bumi Petuah Tanah Melayu, Pulaunya Batam Payung Negeri..” dan “ Gunung Bintan Lekuk Ditengah, Gunung Daek Bercabang Tiga, Hancur Badan Dikandung Tanah, Budi Yang Baek Dikenang Juga…”( RMSAg )


Tagged with

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

www.000webhost.com