Home » Anambas » Banjir Melanda Kecamatan Jemaja dan Jemaja Timur Kabupaten Anambas

Banjir Melanda Kecamatan Jemaja dan Jemaja Timur Kabupaten Anambas

SAMUDERAKEPRI.CO.ID, ANAMBAS – Memasuki penghujung desember dan awal januari sudah bukan rahasia umum lagi, terkait luapan Air yang berasal dari sungai yang semakin mengecil.

Pantauan awak media dilapangan disejumlah lahan pertanian milik masyarakat terdapat genangan Air setinggi 2-3 meter dan merendam hampir seluruh tanaman palawija, dan tanaman padi yang baru ditanami oleh masyarakat petani desa bukit padi kecamatan Jemaja Timur.

Sementara dikecamatan jemaja juga dialami hal yang serupa bukan tanaman melainkan ternak sapi yang harus diungsikan kedaerah yang tidak tergenang Air luapan sungai atau kedaerah yang lebih tinggi.

Baru-baru ini tanggal 2 januari 2018 baru saja bermula namun bermula juga banjir yang dirasakan oleh petani dan peternak sapi daerah di dua kecamatan tersebut yaitu di kecamatan Jemaja Timur lahan masyarakat petani yang terendam dan terbawa arus sungai yang mulai mengecil dan menyempit, sedangkan dari kecamatan Jemaja merendam kandang dan rumput ternak sapi milik masyarakat.

Warga setempat berharap dengan kejadian banjir wajib per bulan desember,januari,maupun Februari ini ada sedikit perhatian pemerintah khususnya didinas Pertanian, ditingkat pusat,provinsi,maupun kabupaten dan juga tak luput perhatian dinas PU terkait Normalisasi sungai yang sekarang sudah menyempit dan dangkal.

Kerugian ditaksir jutaan rupian dikarenakan tanaman masyarakat yang terendam Air luapan sungai tersebut dipastikan gagal panen sementara dari ternak tidak terdapat kerugian dikarenakan pemilik sigab dan tangkas dalam mengungsikan ternak miliknya. (rm7)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d blogger menyukai ini: