Gubernur Kepri HM.Sani Terima Keppres DK

KEPRI, siantannews.com-Ketua Dewan Kawasan FTZ Batam, Bintan dan Karimun, H Muhammad Sani menerima Kepres tentang pengangkatannya sebagai ketua. Penyerahan Keppres itu langsung dilakukan Sekretaris Kabinet Dipo Alam di Kantor Seskab, Jakarta, Selasa (16/7/2013). 

 
Keputusan Presiden itu masing-masing Keputusan Presiden Nomor 18 Tahun 2013 Keputusan Presiden Nomor 19 Tahun 2013 dan Keputusan Presiden Nomor 20 Tahun 2013 Ketiga Keppres ini ditandatangani oleh Presiden SBY pada 11 Juli 2013.
Dalam Keppres Nomor 18/2013 disebutkan, dibawah Gubernur Kepri yang menjadi Ketua merangkap anggota Dewab Kawasan Perdagangan Bebas Batam Pelabuhan Bebas Batam ada Wakil Ketua merangkap Anggota yang dijabat oleh Walikota Batam Ahmad Dahlan. Sedangkan anggotanya adalah Kepala Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Tipe B Batam, Kakanwil Direktorat Jendral Pajak Riau, Kakanwil Kemenkum HAM Riau, Kakanwil BPN Riau, Kapolda Riau, Kajakti Riau, Komandan Pangkalan Utama TNI AL IV, Komandan Gugus Keamanan Laut Wilayah Barat, dan Danrem 033/Wirapratama.
Untuk Dewan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Bintan, sesuai Keppres Nomor 19/2013, Ketua dan Anggota sama sebagaimana pimpinan Kawasan Perdagangan Bebas Batam, kecuali posisi Wakil Ketua I Merangkap Anggota yang dijabat oleh Bupati Bintan Ansar Ahmad dan Wakil Ketua II merangkap Anggota yang dijabat oleh Walikota Tanjung Pinang Hj. Lis Darmansyah.
Adapun untuk Dewan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Karimun diisi oleh para pejabat yang juga menjadi Ketua dan Anggota Kawasan Perdagangan Bebas Batam, kecuali posisi Wakil Ketua yang dijabat oleh Bupati Karimun Nurdin Basirun.

Tetapkan Kebijaksanaan

Dalam ketiga Keppres itu disebutkan, Dewan Kawasan Perdagangan bebas dan Pelabuhan Bebas mempunyai tugas dan wewenang menetapkan kebijaksanaan umum, membina, mengawasi dan mengoordinasikan kegiatan Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas di wilayah masing-masing.
Sejumlah Anggota DK hadir dalam pertemuan yang langsung dipimpin Seskab Dipo Alam itu. Mereka antara lain Walikota Batam Ahmad Dahlan, Bupati Bintan Ansar Ahmad, Walikota Tanjungpinang Lis Darmansyah, Bupati Karimun Nurdin Basirun, Kapolda Brigjen Enjdang, Danguskamla, Danlantamal, Kepala BPN, Kanwil Hukum dan HAM.
Hadir juga Sekretaris Menko Perekonomian Eddy Abdurrahman. Eddy menyebutkan BBK punya potensi yang sangat besar untuk dikembangkan.

Sementara Seskab Dipo Alam menyebutkan pengembangan ekonomi di Kepri sangat penting. Termasuk kawasan perbatasannya. Dengan terbitnya Keppres ini, Dipo berpesan agar semuanya dikebut.

Sebelum menyerahkan Keppres, Seskab terlebih dahulu memimpin rapat dengan agenda Perencanaan Kebijakan, Pembinaan dan Pengawasan dalam Pengelolaan FTZ BBK.

Dalam kesempatan itu Gubernur menyatakan terima kasihnya karena telah terbitnya Keppres ini. Sejumlah agenda investasi besar akan semakin dikebut. Gubernur juga menyampaikan rencana pengembangan ke depannya.

Bupati Bintan Ansar Ahmad, Bupati Karimun Nurdin Basirun berharap peluasan kawasan FTZ dan tidak enclave lagi. (humas)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

www.000webhost.com