Home » Anambas » Internet Bawa Perubahan Sistem Belajar di Anambas

Internet Bawa Perubahan Sistem Belajar di Anambas

SAMUDERAKEPRI.CO.ID, ANAMBAS – Menteri Kominfo Republik Indonesia Rudiantara, menargetkan pada tahun 2022 mendatang, internet harus ada disetiap sekolah yang ada di seluruh Indonesia termasuk Anambas. Setelah itu akan ada perubahan sistem belajar yang sifatnya harus mandiri dan dipaksa untuk menggunakan akses internet.

“Kita ingin anak sekolah nantinya bukan hanya menghafal saja tapi anak sekolah dipaksa untuk memecahkan masalah sendiri dan harus meminta bantuan Internet,” ungkapnya ketika memberikan sambutan pada kunjungannya ke Anambas Senin (26/3) kemarin.

Namun dirinya menyarankan agar pengguna internet di Indonesia nantinya memanfaatkan masanger sistem yang merupakan aplikasi buatan anak negeri. Diakuinya, masanger sistem tersebut masih belum secanggih dan seluwes WA, tapi masanger sistem tersebut perlu dukungan supaya bisa berkembang lebih baik. “Jangan pakai WA. Itu buatan luar, kita perlu dukung buatan dalam negeri,” jelasnya.

Bukan hanya di seluruh sekolah saja yang harus ada akses internet, tapi di pusat-pusat kesehatan seperti Puskesmas, Rumah Sakit juga harus ada internet. Semuanya harus terhubung secara on line. Jika terhubung secara on line, maka proses penanganan pasien lebih cepat dan maksimal. Seumpama ada orang sakit dari puskesmas, pihak rumah sakit sudah menerima informasi tersebut.

Bahkan saat ada rujukan, ambulance langsung antar pasien menuju RS yang dituju. Setelah pasien sampai, dokter sudah menunggu dan siap melayani. “Mengenai administrasi tidak usah dipersulit cukup melalui online. Kalau harus bawa berkas sana sini, yang sakit tambah sakit,” ungkapnya.

Ia menegaskan pada tahun 2019 nanti tidak ada desa yang tidak ada sinyal. Sementara itu untuk instansi vertikal seperti TNI Polri maupun pulau terluar yang masih kosong, memerlukan penanganan yang berada.

Untuk TNI Polri tidak bisa dengan Palapa Ring Barat atau semacam fiber optik. Tapi langsung menggunakan satelit. “Mudah-mudahan akhir tahun 2021 atau awal 2022 semua terjangkau internet,” ungkapnya. (Sam7)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Web
Analytics
%d blogger menyukai ini: