kebijakan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, Mendapat Kecaman dari Nelayan Natuna Dan Anambas

Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti (Foto : Net)

samuderakepri.co.id, Kepri – kebijakan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti yang akan masukkan 300 kapal nelayan Pantai Utara Jawa yang dipindah ke Kepulauan Natuna dan anambas dan bisa mulai berlayar pada akhir 2016 ini dikeluhkan para Nelayan Natuna dan Anambas. Dalam hal ini, Edi Ketua Cindai Provinsi Kepri meminta agar Kementerian Kelautan dan perikanan memikirkan lagi kebijakannya.

Kebijakan nantinya akan menimbulkan konflik horizontal dikalangan nelayan tempatan natuna anambas pada khususnya, pada umumnya kita di natuna anambas tidak kekurangan nelayan tangkap, apalagi digabungkan dengan nelayan yang ada di provinsi kepri.

Kita hanya kendala di armada tangkap beserta kelengkapan tangkap yg maju serta cara pemasaran yang sangat tidak menjanjikan untuk kesejahteraan nelayan kita, pada kenyataannya tengkulak dan bos-bos ikan, saja yang menikmati hasilnya, usulan saya, lepaskan leyanan natuna anambas dari jeratan tengkulak dengan membantu armada tangkap serta alat tangkap yang memadai serta berdayakan kelompok-kelompok nelayan mereka baik untuk penangkapan maupun budidaya,  jika pada perjalanan memang diyakini kekurangan tenaga atau nelayan, baru difikirkan untuk mendatangkan nelayan dari wilayah kepri terlebih dahulu, jika masih juga dirasa kurang baru lah hadirkan nelayan dari pantura, pada intinya kita tidak menolak untuk menjadikan natuna sebagai pusat perikanan asia, yang menjadi dasar penolakan kita, nelayan yang datang dari pantura karna nantinya akan menimbulkan kecemburuan sosial bagi masyarakat tempatan. Hormatilah keatifan lokal natuna anambas jika buk susi dan pak jokowi ingin mebuat kebijakan.

Bupati natuna anambas harusnya ikut andil dalam kebijakan ini. jangan hanya menerima tanpa ada tindakan untuk memikirkan nasib nelayan yang ada di natuna anambas. Kebijakan ini akan menimbulkan sentimen negatif dari nelayan tempatan dan nantinya akan berimbas terhadap kepemimpinan bupati natuna anambas. kita siap bergerak mendampingi nelayan nelayan yang ada dinatuna anambas untuk melakukan gerakan penolakan atas kebijakat tersebut diatas. “Ungkapnya.(e/red)


Tagged with

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

www.000webhost.com