Home » Berita » Pangarmabar Pimpin Sertijab Dua Jabatan Strategis Di Koarmabar

Pangarmabar Pimpin Sertijab Dua Jabatan Strategis Di Koarmabar

SAMUDERAKEPRI.CO.ID, JAKARTA – Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat (Pangarmabar) Laksamana Muda TNI Yudo Margono, S.E., M.M., memimpin Upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Komandan Satuan Kapal Eskorta (Satkor) Koarmabar dari Kolonel Laut (P) Didong Rio Duta, S.T., M.A.P., M.Han., kepada Kolonel Laut (P) Yayan Sofiyan, S.T., dan Asisten Operasi (Asops) Pangarmabar dari Kolonel Laut (P) Phundi Rusbandi kepada Kolonel Laut (P) Didong Rio Duta, S.T., M.A.P., M.Han., di Komplek Satuan Koarmabar I Pondok Dayung, Jakarta Utara, Kamis (22/3).

Pangarmabar dalam amanatnya mengatakan, serah terima jabatan merupakan dinamika dari sebuah organisasi yang terus bergerak maju, agar dari waktu ke waktu menjadi semakin lebih baik dan merupakan proses regenerasi yang bertujuan untuk memantapkan kualitas kepemimpinan, mengembangkan kemampuan manajerial dan memperluas wawasan, serta memperkaya pengalaman bagi perwira, sehingga diharapkan mampu mengemban setiap tugas yang dibebankan kepadanya secara profesional demi kemajuan organisasi.

Lebih lanjut Pangarmabar mengatakan, tugas pokok Satuan Korvet Koarmabar adalah melaksanakan tugas pembinaan kekuatan dan kemampuan tempur organiknya, dalam bidang peperangan laut anti kapal selam, anti kapal permukaan dan anti serangan udara dalam rangka meningkatkan kemampuan tempur Koarmabar.

“Terbinanya kemampuan tempur prajurit merupakan sumbangan yang sangat berharga bagi eksistensi dan tampilan Koarmabar dalam melaksanakan semua tugas yang diemban. Perlu kita sadari, bahwa tugas menghadirkan unsur setiap hari dan sepanjang tahun di seluruh perairan yurisdiksi nasional kawasan barat dengan pengawak yang profesional merupakan kewajiban dan komitmen Koarmabar untuk tetap mempertahankan integritas bangsa dan negara”, ujar Pangarmabar.

Sedangkan jabatan Asops Pangarmabar merupakan unsur pembantu pemimpin dan unsur pelaksana pusat pada tingkat Mako Koarmabar yang memegang peranan penting dan memiliki tugas sesuai dengan bidangnya. Tugas yang diemban adalah menyelenggarakan, menyusun, merumuskan serta mengembangkan pembinaan di bidang operasi, latihan, strategi dan taktik. Dalam melaksanakan tugas pokok Koarmabar, Staf Operasi memiliki peranan yang sangat penting, karena dituntut untuk mampu mengolah informasi data yang diperoleh, dan merumuskan perkiraan yang selanjutnya dijadikan masukan bagi Pangarmabar dalam mengambil kebijakan dan keputusan.

Mengakhiri amanatnya, Pangarmabar memberikan beberapa penekanan kepada pejabat baru agar membina dan mempimpin Satker dengan baik berlandaskan keimanan dan ketakwaan Kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berpedoman pada Sapta Marga, Sumpah Prajurit, Delapan Wajib TNI dan Trisila TNI Angkatan Laut, pahami dan laksanakan Perintah Harian Pangarmabar sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas, laksanakan pembinaan personel untuk meningkatkan kemampuannya sebagai prajurit matra laut yang profesional, tingkatkan kepedulian terhadap setiap pelaksanaan kegiatan di satuan kerja demi tercapainya zero accident, bangun sinergitas dengan satker terkait sesama komponen TNI, polri dan instansi pemerintahan, serta masyarakat guna tercapainya tugas pokok Koarmabar.

Hadir Dalam Kegiatan Tersebut, Kepala Staf Koarmabar Laksamana Pertama TNI Heru Kusmanto, S.E., M.M., Pejabat Utama Koarmabar, Para Komandan Satuan dan Komandan KRI, serta undangan lainnya.(**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Web
Analytics
%d blogger menyukai ini: