Home » Batam » Pemberangkatan Kompi Penugasan Satbrimob Polda Kepri BKO Polda Papua Dalam Rangka Operasi Amole Tahun 2018

Pemberangkatan Kompi Penugasan Satbrimob Polda Kepri BKO Polda Papua Dalam Rangka Operasi Amole Tahun 2018

SAMUDERAKEPRI.CO.ID, BATAM – Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol Drs. S Erlangga menerangkan Tentang Upacara Pemberangkatan Kompi Penugasan Satbrimob Polda Kepri BKO Polda Papua dalam Rangka Operasi Amole Tahun 2018, Pada hari Senin tanggal 26 Maret 2018 sekira pukul 14.30 Wib.

Upacara Pemberangkatan Kompi Penugasan Satbrimob Polda Kepri BKO Polda Papua dalam Rangka Operasi Amole Tahun 2018 dilaksanakan Lapangan Bola Kaki Bandara VVIP Hang Nadim Batam, sekira pukul 13.00 Wib sebagai Inspektur Upacara Kapolda Kepri Irjen Pol Drs. Didid Widjanardi, Sh dihadiri oleh Wakapolda Kepri, Para Pejabat Utama Polda Kepri, Danyonif 136 Raider, Danyonif Marinir 10/SBY, Para perwira, Bintara, para peserta Upacara serta Personel Satbrimob Polda Kepri yang BKO Polda Papua sebanyak 200 Personel.

Dalam Amanat Kapolda Kepri menyampaikan tujuan  upacara  yang kita laksanakan ini adalah untuk pemeriksaan kesiapan personel  Brimob  sekaligus  melepas  kompi penugasan Sat Brimob Polda Kepri agar   lebih   siap   baik   kesiapan   personel, materiil maupun kesiapan kemampuan personel dalam rangka pelaksanaan tugas Kepolisian Bersandi “Amole” di Polda Papua selama empat bulan. Menyikapi eskalasi perkembangan Kamtibmas di beberapa Daerah di Indonesia khususnya di Timika, Papua, Polri sebagai garda terdepan yang diberi tanggung jawab oleh negara untuk menjaga keamanan dan ketertiban di seluruh Daerah di Indonesia, terus berupaya untuk melaksanakan tanggung jawab tersebut dengan baik, tentunya dengan masih adanya kelompok kriminal bersenjata yang menamakan dirinya sebagai Organisasi Papua Merdeka (OPM). Ditahun 2018 ini telah terjadi penyerangan berupa penembakan sebanyak 28 kali oleh kelompok tersebut ke aset objek vital nasional PT. Freeport Indonesia hal ini  menggambarkan situasi keamanan dalam negeri  belum kondusif, sehingga Polri harus menempuh langkah tegas kepada kelompok separatis tersebut dengan menggelar Operasi Kepolisian dengan sandi Operasi Amole yang tentunya bertujuan untuk menumpas kelompok tersebut.

Untuk kali keduanya Polda Kepri diberi kepercayaan untuk ikut serta dalam Operasi Amole, sebagai informasi pada bulan April tahun 2017 lalu Polda Kepri telah mengirimkan 100 personel untuk melaksanakan BKO Polda Papua dan Alhamdulillah para personel tersebut telah kembali ke Satuan Polda Kepri bulan Agustus lalu lengkap tanpa kurang sedikitpun dan tentunya tugas dapat dilaksanakan dengan sangat baik tanpa adanya teguran dari pimpinan dan laporan negatif dari masyarakat tempat bertugas. Dengan hasil positif itu maka tahun ini Polda Kepri mendapatkan lagi kepercayaan tersebut dengan mengirimkan 200 Ksatria Seligi Sakti ke tanah Papua untuk menjaga Marwah Negeri. Dan ini merupakan operasi yang kelima bagi Polda Kepri untuk mengirimkan anggota-anggota terbaiknya dalam Operasi Kepolisian yang diadakan oleh Mabes Polri tentunya ini merupakan buah kepercayaan pimpinan kepada Polda Kepri yang dianggap baik dan mampu dalam pelaksanaan tugas sebelumnya.

Oleh karena itu kepercayaan yang diberikan Pimpinan Polri tersebut harus tetap kita jaga dan tentunya dalam pelaksanaan tugas personel harus mengedepankan azas Legalitas, Nesesitas, Proporsionalitas dan Akuntabilitas sehingga pelaksanaan tugas dilapangan dapat dipertanggungjawabkan dengan baik .

Beberapa pesan kepada rekan-rekan yang akan bertugas :

  1. Selalu bersyukur dan senantiasa meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai landasan moral pengabdian terhadap bangsa dan negara.
  2. Melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab, gunakan cara Persuasif dalam setiap tindakan dan menjunjung tinggi nilai kemanusiaan guna membangun Public Trust terhadap Polri.
  3. Segera menyesuaikan diri/beradaptasi dengan lingkungan dan medan tugas yang ada serta hargai adat istiadat masyarakat setempat, jaga sikap dan prilaku selama bertugas dan hindari perbuatan yang dapat merusak citra Polri khususnya merusak Image Polda Kepri.
  4. Senantiasa menjaga fisik, stamina dan kesehatan serta soliditas, solidaritas dan semangat juang untuk menghadapi tugas-tugas yang akan dilaksanakan, jaga kesehatan dan keselamatan serta pegang teguh disiplin, bertindak sesuai dengan SOP yang berlaku.

“Sekali melangkah pantang menyerah, sekali tampil harus berhasil, jiwa ragaku demi kemanusiaan.”

(Kabidhumas Polda Kepri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Web
Analytics
%d blogger menyukai ini: