Home » Anambas » Rudiantara Menteri Kominfo RI Kunjungi Anambas

Rudiantara Menteri Kominfo RI Kunjungi Anambas

SAMUDERAKEPRI.CO.ID, ANAMBAS – Bandara Matak Base, Kec. Palmatak, Kabupaten Kepulauan Anambas hari Senin tanggal 26 Maret 2018 pukul 09.00 WIB di telah tiba Rudiantara Menteri Kominfo RI beserta rombongan dalam rangka Kunjungan Kerja di Kabupaten Kepulauan Anambas.

Ucapan rasa terima kasih dan kebanggaan Bupati Kepulauan Anambas bersama masyarakat Anambas atas kehadiran Rudiantara Menteri Komunikasi dan Informatika RI di Kabupaten Kepulauan Anambas dan juga apresiasi dan nilai plus kepada Organisasi Perangkat Daerah dinas Diskominfo Kabupaten Kepulauan Anambas yang telah berhasil mendatangkan Menteri Kominfo RI berkunjung ke Kabupaten Kepulauan Anambas.

Wilayah Kabupaten Kepulauan Anambas terdiri dari 255 pulau dengan dengan jumlah sebanyak 26 pulau yang berpenghuni, terdiri dari 52 desa dan 2 kelurahan serta terbagi menjadi 7 kecamatan. Wilayah Anambas merupakan sebagian besar terdiri dari wilayah lautan seluas 98 % dan luas daratan 2 % dengan gugusan2 pulau – pulau kecil yang beberapa diantaranya saat ini dalam proses pembangunan oleh para Investor pariwisata

Bahwa masyarakat Anambas pada umumnya merupakan nelayan yg melakukan penangkapan ikan hingga batas laut terluar dimana komunikasi masih menjadi kendala dalam komunikasi di laut baik di dalam laut pedalaman maupun di laut lepas.

Sebagai wilayah dan kawasan perbatas yang berbatasan langsung dengan negara tetangga yaitu antara Malaysia Barat dan Malaysia timur atau antara malaysia dan Brunei Darussalam maka keberadaan jaringan telekomunikasi dan internet yg lancar sangat dibutuhkan, Selain itu keberadaan aparat keamanan yang bertugas di wilayah berbatas sangat perlu komunikasi yg lancar sehingga mampu bekerja sebagai pengawas wilayah perbatasan dengan baik.

Hingga detik ini Bupati Anambas beserta masyarakat Anambas mengucapkan terimakasih atas perhatian Menkominfo atas pengadaan Jaringan Telekomunikasi dan Internet yang sudah terealisasi.
Adapun patsram TV Digital di wilayah Anambas yang belum aktif kami berharap dapat segera diaktifkan serta adanya pengadaan Tower Perbatasan dan pembangunan Radio Republik Indonesia. Beberapa usulan kami diantaranya yaitu mohon terdukungnya Internet sekolah, internet layanan publik, internet pelayanan kesehatan, Internet utk mendukung objek pariwisata dan keberadaan tower Telekomunikasi yang sudah habis masa kontrak untuk segera diaktifkan kembali.

Keberadaan PRB saat ini berada di kec. Siantan, akan tetapi diharapkan dari ketiga pulau besar yaitu Pulau Siantan, Pulau Matak dan Pulau Jemaja dapat ikut merasakan secara merata.

Kegiatan yang saat ini dilakukan oleh Menteri Kominfo RI Bpk. Rudiantara bersama rombongan merupakan kegiatan kunjungan kerja dan bukan kegiatan peresmian Palapa Ring Barat yang merupakan salah satu wujud nawa cita pemerintah pusat yaitu presiden RI yaitu membangun negara dari pinggiran atau daerah perbatasan.

Keberhasilan kegiatan ini merupakan hasil kerjasama antara pemerintah pusat Pemerintah daerah dan juga dari pihak Telkomsel dan rekan-rekan.

Pemerintah pusat berharap bahwa pada tahun 2019 tidak ada daerah pinggiran dan wilayah perbatasan yang kurangan jaringan telekomunikasi dan internet guna menjaga kestabilitasan dan kedaukatan negara.

Menteri Kominfo mengingatkan kpd pelanggan media sosial agar tidak lebih memilih media Sosial Whatsapp sebagai andalan dalam berkomunikasi akan tetapi diharapkan beralih menggunakan aplikasi Massanger System yang merupakan aplikasi komunikasi media sosial buatan Indonesia.

Pada tahun 2030 akan terjadi punck bonus demografi, dimana usia produktif berada di posisi tertinggi, sehingga apa yang telah dikerjakan saat ini merupakan persiapan bagi generasi masa depan.

Melalui kesempatan ini Menteri Kominfo berharap kepada Pemerintah daerah untuk mendukung program nawa cita ini dengan cara membantu proses percepatan perijinan dalam pembangunan sistem jaringan telekomunikasi, karena perlu diketahui bahwa pemerintah daerah tidak boleh membiayai kepntingan pemerintah pusat.

Untuk jajaran TNI polri di wilayah daerah perbatasan dan terluar, pengadaan dukungan Jaringan telekomunikasi dan internet melalui jalur khusus.

Guna meningkatkan pelayanan cepat dan prioritas maka jaringan internet untuk pelayanan kesehatan akan menjadi perhatian khusus bagi pemerintah pusat. (sam7)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Web
Analytics
%d blogger menyukai ini: