Tanaman Jati Tumbuh Subur Di Anambas, Negeri Yang Belum Makmur Di Daerah Terluar

SAMUDERAKEPRI.CO.ID ANAMBAS -Batu Tambun, Di Jawa Tanaman pohon Jati bukan suatu usaha kehutanan yang asing bagi masyarakat.

Bukan hanya Indinesia yang mengenal kehebatan ukiran Jepara yang berbahan baku kayu jati Dunia, sangat memujinya Walaupun harganya mahal
Pohon jati saat ini sudah mulai langka, bahkan masyarakat Jawa-pun, sudah mulai kehilangan lahan untuk berkebun jati.

Sampai-sampai pemerintah Indonesia, membuat sebuah perusahaan untuk melestarikan tanaman jati, Perhutani dan PTPN yang khusus mengembangkan pohon jati.

Saat ini, pengetahuan budidaya tanaman jati, mulai mewabah ke pelosok negeri di Indonesia sehingga tidak aneh, bila tiba-tiba di tengah laut negeri penghasil Ikan Nomor 2 terbesar di Indonesia, yaitu Kabupaten Kepulauan Anambas, tertarik menanam pohon jati.

Awalnya, usaha ini tidak dilirik oleh masyarakat, bahkan oleh pemerintah setempat.
Bahkan usaha ini dianggap gila atau kasarnya disebut orang yang melihat, bahwa ini suatu pekerjaan sia-sia alias bodoh.

Tahun berselang jauh, lihatlah tanaman jati milik masyarakat di Desa Tarempa Selatan, Dusun Batu Tambun, Kecamatan Siantan, yang tumbuh subur tanpa ada satu tanaman-pun yang mati.

Walaupun terlihat bahwa perawatan kelurusan batang belum dilakukan secara baik.
Namun hal ini menggambarkan bahwa Kabupaten Kepulauan Anambas, kembali mendapat rahmat dari sang pencipta, tanaman tumbuh subur dilahan yang tidak mendukung.

Mampukah tanaman pohon jati meningkatkan kemakmuran masyarakat tempatan?
Seorang ahli budidaya tanaman hutan, mengatakan, “kelak tanaman pohon jati ini akan memiliki kualitas dari daerah asalnya, yaitu daerah Jawa.

Karena kualitas kayunya, melebihi dari Jawa yang memiliki kualitas tanah dasar dan nutrisi alaminya yang banyak”. Berbeda dengan lahan yang terdapat di Kabupaten Kepulauan Ananbas yang dominan berbatuan (granit).

Bukan suatu rekayasa, tapi suatu realita, bahwa tanaman jati, tumbuh subur di negeri yang belum makmur. (Ramadhan)

Tagged with

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

www.000webhost.com