Home » Anambas » Usaha Realita Masyarakat Pulau Jemaja Anambas

Usaha Realita Masyarakat Pulau Jemaja Anambas

SAMUDERAKEPRI.CO.ID, ANAMBAS – Berbicara tentang ekonomi lokal di Anambas, banyak potensi yang bisa diorbitkan.

Dari sebuah kepulauan kecil di Laut China Selatan, bernama Kepulauan Jemaja yang memiliki 10 Desa dan 1 Kelurahan, dan merupakan sebuah kepulauan yang akan menjadi perkebunan karet terluas di Kabupaten Kepulauan Anambas, milik PT. Kartika Jemaja Jaya (PMA), seluas 3.605 Hektar, munculah sebuah usaha ekonomi kecil paling realistis, secara mandiri ditengah-tengah kehidupan masyarakat kepulauan Jemaja : yaitu inbustri kerupuk atom.

Seiring dengan mendekatnya hari besar islam, idul fitri. Kerupuk atom menjadi idola bagi luar daerah Kabupaten Kepulauan Anambas. Tidak kurang dari 75 karung, yang masing-masing karung seberat 30 Kg dengan harga Rp. 70.000 sampai Rp. 80.000 per Kg, hari ini telah meluncur dari Pelabuhan Berhala, Letung Kecamatan Jemaja ke Kota Tanjungpinang.

Menut ABK Fery tujuan Tanjungpinang-Tarempa (PP), bahwa mobilisasi kerupuk atom Kepulauan Jemaja, sudah dimulai dari awal minggu kedua bulan Ramadhan pada tahun 2018 ini.

Bisa dibayangkan bila tidak ada transportasi cepat untuk memfasilitasi dan mendukung ekonomi masyarakat, maka kesejahteraan masyarakat di Kepulauan Jemaja, akan lambat. Apa lagi dengan tidak jelasnya sistem pembinaan dari pemerintah setempat.

Diakui dengan jujur oleh masyarakat pembuat kerupuk atom di Kepulauan Jemaja ketika ditanya tentang pembinaan oleh Pemerintah Daerah, mereka menjawab hanya dengan senyuman yang memiliki makna bahwa pembinaan yang dilakukan, sepertinya sebuah tanda tanya. (05/06/2018).

Pembangunan dikatakan berhasil apabila masyarakatnya mandiri. Inilah masyarakat Kepulauan Jemaja, yang bukan NATO, No Action, Talk Only.(AS/red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Web
Analytics
%d blogger menyukai ini: