Wako Batam Terima Penghargaan Parahita Ekapraya

JAKARTA – Walikota Batam, Ahmad Dahlan mendapat penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2013 yang diserahkan Presiden Republik Indonesia, Soesilo Bambang Yudhoyono, Rabu (18/12). Bertempat di sasana Kriya Taman Mini Indonesia Indah, Dahlan dinilai mengusung pengaurusutamaan gender (PUG), pemberdayaan perempuan, dan perlindungan anak pada kebijakan pemerintahan.

Ketua panitia, Kusmuldoko mengatakan penghargaan yang digagas Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia ini diberikan setiap tahun dalam peringatan hari ibu. Tema peringatan hari ibu tahun ini yakni “Mengangkat Peran Perempuan dan Laki-laki dalam Mewujudkan Demokrasi yang Partisipatif dan Pembangunan yang Inklusif.

“Melalui peringhatan hari ibu, diharapkan mampu mempertebal semangat persatuan dan kesatuan bangsa indonesia, kebersamaan dan kemitraan antara laki-laki dan perempuan,” katanya.

Anugerah Parahita Ekapraya merupakan penghargaan yang  diberikan pada kementerian/lembaga serta pemerintah daerah baik provinsi maupun kabupaten/kota yang  dinilai telah berkomitmen dan mengimplementasikan strategi yang terkait dengan Pengarusutamaan Gender (PUG), Pemberdayaan Perempuan (PP) dan Perlindungan Anak (PA) di berbagai sektor pembangunan. Terdapat tiga kategori dalam APE, yang tertinggi kategori utama, disusul madya dan pratama. Penilaiannya berdasarkan penerapan strategi pengarusutamaan gender, pencapaian dan inovasi dalam perwujudan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan, perlindungan anak, serta upaya untuk memenuhi hak anak.

Walikota Batam, Ahmad Dahlan mengatakan Kota Batam menerima penghargaan tersebut karena dinilai berkomitmen dan mampu mengimplementasikan strategi pengarusutamaan gender serta pemenuhan hak anak di berbagai sektor pembangunan. “Kota Batam dianggap telah berhasil mewujudkan salah satu kriteria yang ditetapkan dalam MDGs, yakni pembangunan di berbagai urusan pemerintahan termasuk Pemberdayaan Perempuan,” katanya.

Menurut Dahlan, program unggulan Pemko Batam dalam hal PUG antara lain pembentukan Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A), Unit Pelayanan Perempuan dan anak (UPPA), Women Crisis Center, satgas perlindungan TKI bermasalah, UPT Dinas Sosial dan rumah perlindungan sosial anak. “Melalui lembaga tersebut, secara terpadu menangani perempuan dan anak korban kekerasan, pemulihan fisik dan psikis perempuan dan anak korban kekerasan,” paparnya.

Pemko Batam beserta instasi pemerintah dan swasta lainnya juga melakukan berbagai kegiatan seperti pelatihan tata cara penanganan anak yang berhadapan dengan hukum, pelatihan penanganan anak berkebutuhan khusus, konvensi hak anak, pelatihan tata cara perlindungan anak dalam bencana, pengembangan kota layak anak, forum anak Batam serta kongres anak atau parlemen anak.

Rangkaian kegiatan acara peringatan hari ibu yang jatuh pada 22 Desember 2013 mendatang  akan dibuka oleh ibu negara Ani Yudhoyono. Kegiatan yang digelar meliputi fun bike dan fun work guna menciptakan gerakan indonesia hidup sehat. Puncak peringatan hari ibu, Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan akan memberikan penghargaan anugrah Yasas Budiman Padnika kepada ibu negara Ani Yudhoyono.


Tagged with

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

www.000webhost.com