Wawako : Kenaikan Harga di Pasar Masih Dalam Kondisi Wajar dan Stabil


BATAM,siantannews.com – Terkait kenaikan harga BBM yang dapat berimbas pada kenaikan harga sembako di pasaran, Wawako Batam, Rudi melakukan sidak di pasar Aviari Batu Aji, Minggu (23/6). Sidak yang dilakukan ini juga mengantisipasi sekaligus memantau ketersedian stok sembako menjelang bulan ramadhan dan hari raya Idul Fitri. Dari pantauan di lapangan, harga kebutuhan pokok di pasaran dinilai masih stabil dan wajar. Selain itu, stok barang kebutuhan pokok juga dalam posisi aman dan jumlah konsumen atau pembeli yang datang ke pasar juga stabil.
Ibu Andika, salah satu pedagang sembako yang ditemui dalam sidak pasar tersebut mengatakan hanya telur yang mengalami kenaikan harga yang semula dijual Rp 28 ribu untuk 1 papannya, naik menjadi Rp 34 ribu. “telur yang naik pak, 1 butir 1250 rupiah kalau 1 papan 34 ribu, sebelumnya 1 papan 28 ribu” ujar Andika.
Sementara komoditi lainnya yang mengalami kenaikan diantaranya cabe rawit yang semula Rp 28 ribu naik menjadi Rp 40 ribu, namun juga dijumpai beberapa barang yang harganya stabil bahkan mengalami penurunan yaitu terigu tetap di kisaran Rp 6 ribu, dan minyak goreng curah dari Rp 10 ribu turun menjadi Rp. 9 ribu.
Kepada wartawan usai melakukan sidak, Wawako menyampaikan Sebagaimana hukum pasar, jika kebutuhan masyarakat akan sebuah barang meningkat maka harga barang akan mengalami kenaikan, begitu juga sebaliknya. Oleh sebab itu, dengan adanya kenaikan harga BBM , akan berimbas pada kenaikan harga sejumlah produk maupun jasa, sehingga mempengaruhi harga kebutuhan sehari-hari. Maka yang terpenting, ketersediaan akan barang harus tetap dijaga.
“secara umum, ini wajar. Ada sembako yg naik, ada yg tetap malah ada yg turun. Artinya tidak terlalu memberatkan masyarakat jadinya. Cabe yg ada kenaikan sedikit. Saya berterima kasih kepada pedagang kita, mereka tidak semena-mena menaikan harga demi keuntungan saja dalam rangka kemampuan membeli masyarakat”. Pungkas Rudi.

Tagged with

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

www.000webhost.com