Kabupaten Anambas

2.4 Juta Bantuan Usaha Mikro Untuk Wilayah Kepri

2.4 Juta Bantuan Usaha Mikro Untuk Wilayah Kepri

Tanjungpinang, SK.co.id – Sehubungan banyaknya pertanyaan Masyarakat Kota Tanjungpinang tentang bantuan usaha Mikro, Kecil dan Menengah dari pemerintah Pusat.

Menangapi hal tersebut Anggota DPRD Provinsi Kepulauan Riau Rudy Chua telah menemui Kepala Bank BRI Tanjungpinang sebagai pihak yang ditunjuk untuk penyaluran dana bantuan untuk wilayah Kepulauan Riau.



Rudy Chua saat dikompirmasi media ini via pesan Rabu (26/08/2020), Mengatakan, “Kemaren sudah diadakan pertemuan dengan pimpinan BRI Tanjungpinang sebagai pihak yang ditunjuk menjadi bank penyalur dana bantuan untuk wilayah Kepri”, Ucapnya.

Ada berapa hal yang dapat disampaikan yang mungkin bermanfaat bagi warga yang membutuhkan.

Bantuan ini merupakan bantuan hibah dari pemerintah pusat dgn nama BANPRES PRODUKTIF yang telah diresmikan Presiden Jokowi pada Senin 24-08-2020 yg lalu.

Total nilai bantuan ini adalah 2,4 juta rupiah perorang.

Bantuan ini terbuka utk seluruh warga negara yang memiliki usaha mikro di seluruh Indonesia, kecuali suami/istri bekerja sbg ASN/TNI/POLRI/BUMN/BUMD.

Calon penerima bantuan tidak boleh sedang memiliki KUR atau kredit usaha perbankan lainnya.

Peranan pemda , perbankan dan lain lain adalah sebatas mengusulkan calon penerima kepada Kementrian Koperasi dan Usaha kecil menengah.

Data calon penerima akan diverifikasi dan ditetapkan oleh Kementrian Koperasi dan usaha kecil menengah berdasarkan data yg diterima dari Pemda, perbankan, PNPM, pegadaian dan berbagai sumber lainnya.

Usaha yang telah mendapatkan bantuan dana usaha mikro dari pemerintah daerah pada tahun ini tidak diperkenankan mendapatkan bantuan ini.

Sementara untuk penerima PKH dan BPNT dapat mengajukan bantuan ini.

Calon penerima bantuan memiliki rekening di bank dengan saldo tidak melebihi dua juta rupiah.

BRI telah menyurati keseluruhan kelurahan utk dapat melakukan pendataan melalui RT setempat.

Bagi usaha mikro yang berminat dapat menghubungi RT setempat utk didata dengan melampirkan fotokopi KTP, KK, foto tempat usaha dan nomor hp agar dapat diusulkan sebagai calon penerima bantuan.

Yang Mikro, Kecil dan Menengah, yakni: Memiliki aset atau kekayaan bersih hingga Rp 50 juta, tidak termasuk tanah atau bangunan tempat usaha.

Omzet penjualan tahunan hingga Rp 300 juta. Demikian dan semoga informasi ini bermanfaat. (Red)

One thought on “2.4 Juta Bantuan Usaha Mikro Untuk Wilayah Kepri

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: