fbpx

Alejandro Werner akan Pensiun sebagai Direktur Departemen Belahan Bumi Barat IMF

Alejandro Werner akan Pensiun sebagai Direktur Departemen Belahan Bumi Barat IMF

Washington, DC. SK.co.id – Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Kristalina Georgieva hari ini mengumumkan bahwa Alejandro Werner, Direktur Departemen Belahan Bumi Barat, bermaksud untuk pensiun dari IMF pada 31 Agustus 2021. Tuan Werner mengambil alih posting pada tahun 2013.

“Alejandro memimpin Departemen melalui masa-masa yang sangat menantang dan meninggalkannya pada pijakan yang kokoh untuk melanjutkan pekerjaan membantu negara-negara anggota kami di seluruh kawasan,” kata Ms. Georgieva. “Saya sangat menghargai keahlian, penilaian yang baik, dan nasihatnya serta berterima kasih kepadanya atas layanan dan dukungannya yang luar biasa.”.

Selama masa jabatan Bapak Werner, IMF memperkuat kehadirannya di Amerika Latin, termasuk melalui Pertemuan Tahunan 2015 di Lima, Peru, dan memperdalam keterlibatan dengan negara-negara anggotanya di Karibia dan Amerika Utara.

“Pengetahuan mendalam Alejandro tentang kawasan ini dan pengalaman yang luas di sektor publik dan swasta dan di bidang akademis sangat berharga,” kata Georgieva. “Alejandro memainkan peran penting dalam menyusun saran IMF kepada otoritas regional mengenai masalah-masalah seperti memerangi korupsi, ketidaksetaraan, dan mempromosikan inklusivitas dan pertumbuhan berkelanjutan, yang telah meningkatkan prospek ekonomi kawasan secara signifikan. Dia juga memusatkan perhatian pada penderitaan negara-negara yang lebih rentan di kawasan, termasuk ancaman perubahan iklim.

“Baru-baru ini, saat dunia menghadapi pandemi COVID-19, Alejandro telah mengarahkan departemennya dalam membantu beberapa negara yang paling terpukul, banyak di antaranya adalah ekonomi yang bergantung pada pariwisata, untuk mendapatkan lebih dari $ 60 miliar dalam pembiayaan darurat dari IMF. , “Kata Ms. Georgieva.

Warga negara Meksiko, Tuan Werner awalnya bergabung dengan Dana pada tahun 1995 melalui Program Ekonom. Dia meninggalkan Dana untuk pencarian profesional lainnya, dan kembali ke Meksiko untuk melayani sebagai Direktur Studi Ekonomi di Bank of Mexico. Dia kemudian menjadi Wakil Menteri Keuangan dan Kredit Publik di Kementerian Keuangan Meksiko. Setelah lebih dari satu dekade melayani publik, ia bergabung dengan BBVA Bancomer Meksiko sebagai kepala perbankan korporasi dan investasi.

Tuan Werner juga memegang berbagai posisi akademis di Meksiko, Spanyol, dan Amerika Serikat. Seorang penulis yang diterbitkan secara luas dan dihormati, ia dinobatkan sebagai Pemimpin Global Muda oleh Forum Ekonomi Dunia pada tahun 2007. (Sumber : IMF Press Center)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: