Home » Berita » Antsipasi Arus Mudik, Lanal Dabo Singkep laksanakan sosialisasi dan penyiagaan unsur SAR

Antsipasi Arus Mudik, Lanal Dabo Singkep laksanakan sosialisasi dan penyiagaan unsur SAR

SK, Lingga – Mengantisipasi kejadian kejadian yang tidak diinginkan dan dalam rangka memberikan rasa aman bagi para pengguna laut selama arus mudik dan balik di Kabupaten Lingga, Lanal Dabo Singkep telah melaksanakan tindakan preventif berupa sosialisasi dan pressuring kepada para pengguna laut.

Komandan Lanal Dabo Singkep, Letkol Laut (P) Arif Rahman, S.T., M.Tr. Hanla kepada prajurit yang bertugas mengatakan, “laksanakan tugas kalian dengan penuh keikhlasan dan kebanggaan dalam memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat pengguna laut selama kegiatan arus mudik dan balik Idul Fitri 1440 H. Sebagai prajurit, kita harus siap untuk ditugaskan kapanpun seperti pada saat perayaan idul fitri kali ini. Semoga, segala kegiatan yang kalian laksanakan dihitung sebagai kebaikan dan amal ibadan, aamiin”, ungkapnya, Selasa (27/05/2019).

Kegiatan dilaksanakan secara serentak pada hari H-7, melibatkan hampir seluruh personel Posal jajaran Lanal DBS mulai dari Posal Penubah, Cempa, Pulau Mas, Senayang, Pancur sampai dengan Tajur Biru.

Adapun sosialisasi yang dilaksanakan meliputi pentingnya memperhatikan kelaikan sarana angkut, kelengkapan sarana keselamatan di laut serta pentingnya memantau prakiraan cuaca yang dibagikan oleh BMKG sebelum melaksanakan pelayaran. Lebih lanjut, para personel Posal menekankan kepada para pemilik kapal penumpang untuk tidak mengangkut penumpang melebihi kapasitas yang diijinkan.

Di lain pihak, dalam rangka mengantisipasi terjadinya kecelakaan di laut, Lanal Dabo Singkep telah menyiagakan dua unsur Patroli Keamanan Laut (Patkamla) yaitu Patkamla DBS yang standby di pelabuhan Jagoh dan Patkamla Cempa yang standby di Posal Cempa.

Dalam rangka memeriksa kesiapan unsur tersebut, Komandan Lanal Dabo Singkep, Letkol Laut (P) Arif Rahman, S.T., M.Tr. Hanla melaksanakan sidak ke Patkamla DBS yang sandar di Pelabuhan Jagoh. Pada kesempatan tersebut Danlanal memeriksa seluruh kesiapan Patkamla DBS mulai dari sistem pendorongan, bahan bakar, peralatan navigasi dan komunikasi, peralatan keselamatan dan logistik yang dibawa. Kepada para prajurit pengawak Patkamla DBS, Danlanal DBS memberikan penekanan.

Mengingat perayaan hari raya Idul Fitri bagi umat Muslim di Indonesia, tidak lengkap rasanya apabila tidak bersilaturahim dengan keluarga dan sanak saudara di kampung halaman. Demikian halnya dengan masyarakat Muslim di Kabupaten Lingga.

Sebagai sebuah Kabupaten kepulauan, sarana transportasi laut masih menjadi pilihan utama masyarakat dalam melaksanakan perjalanan mudik maupun balik ke dan dari kampung halaman. Tingginya intensitas penumpang yang ingin merayakan lebaran di kampung halaman melalui jalur laut, menjadi perhatian tersendiri bagi para pengguna laut khususnya agen dan pemilik kapal, syahbandar maupun aparat penjaga keamanan di laut.(Ari)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Web
Analytics
%d blogger menyukai ini: