Aspoad : Dana Aspirasi Cair Maret, Rawan Disalahgunakan Caleg Incumbent

Aspoad Tokoh Pemuda Kepri

SK, KEPRI – Dana Aspirasi Anggota DPRD yang ada di Kepri akan kembali cair pada Maret ini.

Dana aspirasi, dinilai sangat rawan disalahgunakan oleh anggota DPRD yang mencalonkan diri kembali.

Aspoad Tokoh Pemuda Kepri menyoroti cairnya dana aspirasi tersebut, Selain bisa disalahgunakan anggota dewan yang mencalonkan diri lagi, juga dipastikan tidak akan tepat sasaran.

Pemanfaatan dana tersebut juga seringkali tidak berkoordinasi dengan lembaga masyarakat yang ada di tingkat bawah dalam penentuan program percepatan pembangunan.

“Dana aspirasi yang turun di Maret ini tidak adil pemberiannya. Dana itu justru nantinya diberikan ke konstituennya yang sudah memilih mereka pada pemilu sebelumnya, bukan pada yang benar-benar membutuhkan,” kata Aspoad Tokoh Pemuda Kepri, Rabu (27/02/2019).

Menurutnya, kondisi riil di masyarakat yang mengetahui adalah Masyarakat bawah. Sehingga, agar tepat sasaran dan tidak salah penggunaannya maka diperlukan keterbukaan publik tentang dana aspirasi.

Pihaknya mengaku khawatir bila dana aspirasi tersebut justru dimanfaatkan sejumlah anggota dewan yang mencalonkan diri kembali atau caleg incumbent untuk modal kampanye, mengingat April mendatang Pileg akan digelar.

“Jelas rawan apabila dana aspirasi turun di bulan Maret ini yang bersamaan dengan pelaksanaan kampanye.

Kalau caleg incumbent menggunakan dana itu sama dengan mereka dimodali APBD,” jelasnya.

Dia meminta kepada Pemerintah Daerah untuk menunda pencairannya setelah Pemilu selesai, dan juga kepada Masyarakat untuk mengawasi pemanfaatan dana itu sekaligus ikut mengawasi proses kampanye Pemilu 2019.(red)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: