pemko tanjungpinang

Bupati Buka MTQ Ke VI Tingkat Kabupaten Kepulauan Anambas

Dinas Pendidikan Provinsi  Kepri

Kabupaten lingga

DPRD KABUPATEN LINGGA

Bupati Buka MTQ Ke VI Tingkat Kabupaten Kepulauan Anambas

SK, Anambas – Perhelatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke VI Tingkat Kabupaten Kepulauan Anambas secara resmi dibuka oleh Bupati Kepulauan Anambas pada senin malam (09/03/20) di Lapangan Sepak Bola Desa Air Asuk Kecamatan Siantan Tengah.

Turut hadir Wakil Bupati Kepulauan, Ketua dan Anggota DPRD KKA, Sekretaris Daerah, FKPD, Ketua LPTQ, Para Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, Kemenag KKA, Pengadilan Agama, Camat Se – Kabupaten Kepulauan Anambas, Dewan Hakim, LAM, KUA, MUI, Penggerak PKK KKA, Kepala Desa dan Tokoh Masyarakat.

Kegiatan MTQ ini diselenggarakan selama 8 hari dimulai pada tanggal 08 s.d 15 Maret 2020 dengan diikuti oleh 10 Kecamatan yaitu Kecamatan Siantan Tengah, Siantan, Siantan Utara, Siantan Timur, Siantan Selatan, Jemaja, Jemaja Barat, Jemaja Timur, Palmatak dan Kute Siantan.

Diawali dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya, kegiatan tersebut semakin meriah dengan menampilkan Band Anambas Assemble, pertunjukan Tarian Pembuka, kompang, dan Tarian Koalosal.

Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan, Sahtiar, SH., M.M mengatakan tujuan dari kegiatan MTQ ini adalah untuk menyeleksi para Qori dan Qoriah yang akan diikutsertakan pada MTQ tingkat Provinsi Kepulauan Riau. Selain itu juga untuk menjadikan masyarakat Kabupaten Kepulauan Anambas yang mencintai Alquran.

Peserta yang mengikuti kegiatan MTQ ini sebanyak 244 orang yang mewakili masing-masing Kecamatan dengan cabang perlombaan yaitu golongan tartil putra-putri, Tilawatil anak-anak, Tilawatil remaja, Tilawah Dewasa putra-putri, Qiraat Quran Dewasa putra-putri, Qiraat Quran Murotal putra-putri, golongan 1 juz Tilawatil putra-putri, golongan 5 juz Tilawatil putra-putri, golongan 10 juz putra-putri, golongan 20 juz tilawah putra-putri, golongan 30 juz tilawah putra-putri, golongan tafsir juz 12, Tahmil Alquran putra-putri, Sarhil Alquran putra-putri, Seni kaligrafi Alquran, Hiasan Nizhab putra-putri,Golongan Dekorasi putra-putri, Golongan Kontenporer putra-putri, Karya Ilmiah Alquran putra-putri, dan Lomba Rebana.

Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Kepulauan Anambas, Wan Zuhendra menyebutkan dengan mengangkat tema “Kita Kobarkan Semangat Magrib Mengaji Dalam Kehidupan Bermasyarakat Untuk Membuka Cakrawala Hati, Aman Damai, Negeri Madani”. Tema tersebut merupakan perwujudan salah satu target RPJMD Kabupaten Kepulauan Anambas 2016 – 2021.

“perwujudan dari magrib mengaji harus memberikan dampak bagi seluruh lapisan masyarakat guna terciptanya kedamaian dan ketenteraman daerah yang kita cintai ini”,sebutnya.

Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris, SH dalam sambutannya mengatakan MTQ merupakan suatu wadah untuk menumbuhkan dan mengembangkan semangat membaca dan mempelajari Alquran sehingga Alquran benar-benar dijadikan pedoman hidup dalam menghadapi serasnya pengaruh globalisasi bagi anak-anak dan generasi muda.

Bupati berharap kepada seluruh aparat pemerintah desa, Kecamatan dan Kabupaten untuk bersama-sama dalam mendorong dan memotivasi anak – anak dan generasi muda untuk terus mempelajari Alquran, memakmurkan masjid dengan berbagai aktivitas sehingga kedepannya akan melahirkan generasi yang mencintai masjid dan gemar membaca Alquran”, ujarnya.(***)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: