Cuaca Buruk Tangkapan Nelayan Aceh Singkil Menurun

DPRD Batam

Cuaca Buruk Tangkapan Nelayan Aceh Singkil Menurun

Aceh Singkil, SK.co.id – Tangkapan nelayan  di laut Kabupaten Aceh Singkil, sejak beberapa pekan terakhir ini menurun akibat cuaca buruk.

Dalam sebulan terakhir gelombang tinggi dan angin kencang membuat tangkapan menurun.

“Kami hanya berani melaut sekitar lima mil dari pantai sehingga pendapatan berkurang,” kata Mardin (40 tahun) seorang nelayan, Jum’at (22/1/2021).

Mardin mengatakan “Biasanya saat melaut bersama nelayan lainnya hasil tangkapan ikan yang didapat bisa mencapai 50 Kg perharinya, namun saat ini tangkapan hanya 10 Kg karena nelayan tidak berani melaut melebihi 10 mil dari pantai, Kami sekarang melaut hanya bisa bertahan hidup saja dengan tiga anak, karena pendapatan menurun itu,” kata Mardin.

Begitu juga nelayan lainnya, Irfan (25), mengatakan saat ini tangkapan ikan menurun sekitar 70 persen akibat dampak dari cuaca buruk di Perairan Samudera Hindia. Gelombang cukup tinggi disertai hujan dan tiupan angin membuat ikan-ikan migrasi ke daerah lain.

Selain itu, dampak pandemi Corona ikut mempengaruhi pendapatan ekonomi.

“Kami berharap pemerintah segera menyalurkan jaring pengaman sosial (JPS) akibat dampak virus Corona itu,” kata Nurdin. (Ris)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: