fbpx

Daun Pandan Berduri Sangat Membantu Ekonomi Warga Teluk Ambun Singkil

Daun Pandan Berduri Sangat Membantu Ekonomi Warga Teluk Ambun Singkil

Aceh Singkil, SK.co.id – Alam memang senantiasa menyediakan segala hal bagi kehidupan, baik itu hewan maupun tumbuhan diantara tumbuhan pandan yang biasa hidup tepi hutan dan subur jika disinari panasnya cahaya matahari.

Meskipun diterik matahari yang panas tidak melelahkan perjuangan seorang warga Desa Teluk Ambun Kecamatan Singkil Kabupaten Aceh Singkil demi mengambil daun pandan yang berduri untuk dijadikan sebuah peluang usaha kerajinan tangan yang bernilai tinggi.

Seperti yang dilakukan oleh seorang warga Desa Teluk Ambun, Rukiah menggatakan kepada Reporter Samuderakepri, saya sudah biasa mengambil daun pandan yang berduri di rawa dan dihutan, karena dengan kegiatan ini sangat membantu ekonomi.

“Memang dalam pengambilan daun pandan yang berduri ini agak sulit, karena batang dan daunnya dipenuhi duri disekelilingnya, namun tidak membuat saya patah semangat”.kata Rukiah, Jum’at (26/2/2021).

Lanjut Rukiah, perkerjaan ini sudah lama dikerjakan untuk membuat macam-macam kerajinan tangan salah satunya membuat tikar yang selalu banyak peminat sehingga nilai jual tikar tersebut mencapai Rp. 140.000- 180.000 rupiah perharinya.

Perkerjaan kerajinan tangan tradisional ini sudah menjadi kegiatan turun temurun bagi warga Desa Teluk Ambun seperti membuat tikar dari daun pandan yang berduri. (Aswalun)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: