Pemko Tanjungpinang

DPRD Natuna menggelar Rapat Paripurna tentang Penyampaian Pidato Pengantar 51 Rancangan Peraturan Daerah ( Ranperda )

DPRD KABUPATEN LINGGA

SK, Natuna – Kegiatan berlangsung di ruangan Paripurna Jum’at (03/05/2019), Rapat tersebut dipimpin oleh Wakil Ketua II DPRD Daeng Amhar, dihadiri oleh sejumlah anggota DPRD Natuna, Pimpinan OPD, FKPD, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama serta para tamu undangan lainnya.

Pidato pengantar Ranperda Inisiatif DPRD Kabupaten Natuna langsung disampaikan oleh ketua Pansus Harken, S.Pd.Ek dalam kesempatan tersebut Harken menyatakan lahirnya Ranperda Inisiatif bukan karna muatan Politis namun sebagai bentuk tanggungjawab sebagai Legislasi yang melaksanakan salah satu fungsi DPRD semoga kedepannya akan lahir Ranperda- Ranperda yang dapat mengakomodir kepentingan daerah dalam mencapai kesejahteraan masyarakat daerah pada umumnya.

Adapun Ranperda- Ranperda Inisiatif yaitu :

Ranperda tentang Perlindungan dan Pemenuhan Hak- hak Penyandang disabilitas
Ranperda tentang Ketertiban Umum, ranperda ini dalam penyusunan sudah melalui tahapan dari perencanaan, pelaksanaan serta pembahasan bersama-sama baik dengan OPD, Anggota Pansus, Tim Fasilitasi serta kanwil hukum dari humas Provinsi Kepri, dan Biro Hukum Sekretariat Daerah Provinsi Kepri sehiggga Ranperda Inisiatif ini tersusun lengkap secara lengkap dengan naskah akademis.


Mekanisme dan tata tertib di DPRD Ranperda Inisiatif harus mendapat persetujuan semua anggota DPRD sebagai dasar Ranperda Inisiatif yang akan disampaikan kepada Pemerintah Kabupaten Natuna, dan selanjutnya Kepala Daerah akan memberikan Pendapat terhadap Ranperda tersebut, Harken mengatakan Penyandang disabilitas yang dapat dari OPD terkait untuk Kabupaten Natuna ada lima kecamatan yakni ;

Kecamatan Midai, Suak Midai, Bunguran Timur, Bunguran Batubi dan Bunguran Tengah ada 136 Penyandang Disabilitas digabung dengan Kecamatan lainnya sekitar 600 lebih di Kabupatren Natuna, inilah dasar penguat bagi kami selaku Legislatif untuk menyusun Ranperda yang bisa mengatur Perlindungan serta Pemenuhan hak khususnya Penyandang Disabilitas. Ranperda Ketertiban umum di Kabupaten Natuna disesuaikan dengan amanat penting dalam undang undang no 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah tujuannya adalah terwujudnya ketertiban umum di daerah dan terwujudnya lingkungan yang aman tertib dan tentram serta terbebas dari perbuatan tindakan dari perlakuan penyakit masyatrakat.

Pada kesempatan yang sama Wakil Bupati Natuna menyampaikan 51 Ranperda dan jumlah Perda yang akan dirubah 40 Perda oleh karenanya perlu dilakukan perubahan terhadap beberapa Peraturan Daerah tersebut. di akhir sambutan Wakil Bupati Natuna menyampaikan ucapan Selamat Menyambut Bulan Suci Ramadhan 1440 Hijriyah, Kepada Angota DPRD Natuna dan tamu Undangan yang hadir. Wakil Ketua DPRD II senada juga mengucapkan Selamat Menjalankan Ibadah Puasa di Bulan Suci Ramadhan 1440 Hijriyah.(***)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: