Menu

Mode Gelap

Berita · 26 Jan 2014 WIB

Forum Group Discussion (FGD) tentang Kajian dan Masterplan Museum Natuna Kepulauan Riau


Forum Group Discussion (FGD) tentang Kajian dan Masterplan Museum
Natuna Kepulauan Riau Perbesar

Natuna. (SN) – Kabupaten Natuna beberapa tahun yang lalu pernah meresmikan museum pada masa pemerintahan Daeng Rusnadi untuk menyimpan peninggalan-peninggalan benda bersejarah masa lalu. Berdasarkan temuan yang ada, daerah ini sangat kaya akan cagar budaya yang berbentuk lokasi strategis dengan nilai sejarah masa lampau, untuk itu, Pemerintah Daerah merasa perlu mengambil langkah konkrit untuk melindungi hal tersebut, melalui sosialisasi serta diskusi dengan melibatkan pihak Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan Cagar Budaya dari Jakarta dengan para pelaku (penggali barang-barang antik, staf museum dan masyarakat yang berdomisili di beberapa lokasi cagar budaya di Kabupaten Natuna.

Untuk menampung temuan barang antic dari masyarakat, Pemerintah Daerah Pusat berencana akan membangun sebuah museum daerah di Ranai yang nantinya akan dikelola secara modern, sehingga barang-barang tersebut dapat didata dan dilestarikan. Demikian disampaikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Natuna, Drs.H. Agus Supardi ketika membuka acara Forum Group Discussion (FGD) tentang Kajian dan Masterplan Museum Natuna, di Ruang Rapat Kantor Bupati Natuna, Rabu (11/12) pagi.

Selanjutnya dikatakan bahwa Pemerintah Daerah telah mengajukan beberapa lokasi lahan pembangunan Museum tersebut yang rencananya akan dibangun pada tahun 2015 mendatang, yaitu Komplek Masjid Agung dan Bukit Arai (Komplek Perkantoran Pemda Kabupaten Natuna). Namun demikian lokasi tersebut akan diadakan kajian secara lebih mendalam sehingga pembangunan nantinya tidak menimbulkan permasalahan dibelakang hari.

Pada kesempatan yang sama, bapak dani dari Dirjen Pelestarian Cagar Budaya dan Pemuseuman menyampaikan maksud kedatangan adalah rencana awal pembangunan museum di Kabupaten Natuna, yang nantinya juga akan dipergunakan sebagai lembaga rekreasi wawasan nusantara sekaligus pembelajaran baik formal maupun non formal serta pengembangan dan upaya pelestarian barang-barang bernilai sejarah. Untuk itu beliau sangat berharap agar pemerintah daerah dapat memberikan dukungan sebagaimana yang dibutuhkan pada proses pembangunan museum nantinya serta menjaga dan memanfaatkan sebagaimana mestinya. (Peliput: Staf Bagian Humas/Endang)


Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Ombudsman RI Perwakilan Kepri Akan Gelar PVL On The Spot di Lingga

19 Mei 2022 - 13:53 WIB

Jelang PPDB, Perwakilan Ombudsman Kepri Rakor Anev Bersama Saber Pungli

19 Mei 2022 - 12:20 WIB

Kumdam I Bukit Barisan Berikan Penyuluhan Hukum di Makodim 0315/Tanjungpinang

18 Mei 2022 - 15:57 WIB

Wakil Bupati Natuna Membuka MTQ ke X di Masjid Agung Natuna

18 Mei 2022 - 15:34 WIB

Presiden Akan Tinjau Langsung Bulan Imunisasi Anak Nasional di Kepri

17 Mei 2022 - 16:05 WIB

Satgas TMMD Kebut Semenisasi Jalan Serta Membuat Ruas Saluran Air

17 Mei 2022 - 13:08 WIB

Trending di Berita