fbpx

Ini Penjelasan BP Batam Terkait Dugaan Kerjasama Pembuatan Batako Press Di Lokasi Limbah KPLI B3

DPRD Batam

, Ini Penjelasan BP Batam  Terkait Dugaan Kerjasama Pembuatan Batako Press Di Lokasi Limbah KPLI B3, SamuderaKepri

SK, Batam – Menindak lanjuti temuan bahan material dari Limbah Industri dan Limbah B3 yang telah di olah / dikelola sedemikian rupa, serta di manfaatkan menjadi batako atau batu bata press dan disebut Pabrik Batu Bata yang berada di dalam kawasan KPLI Limbah B3 Kabil.

Kawasan KPLI B3 adalah tempat Penampungan, Penyimpanan Sementara Limbah B3 (sebelum dikirim ke Cilincing dengan sistem transportir) di wilayah Kabil milik BP Batam.

Namun dari beberapa penggiat usaha yang beraktifitas di area berbahaya (satu area dengan limbah cair B3 beracun) saat bertemu dengan awak media ini mengatakan, bahwa mereka ada kerjasama dengan BP Batam.

Kemudian awak media ini mencoba melakukan konfirmasi ke BP Batam meskipun harus menunggu beberapa waktu lamanya – di bidang penanganan Limbah dan air pada tanggal 12.04.2019.

Melalui ibu Ferdiana mengatakan, bahwa BP Batam memang mengelola KPLI B3, namun seluruh aktifitas dan tanggung jawab pengelolaan limbah B3 diserahkan kepada masing-masing tenant. Dan tidak ada kerjasama pembuatan batako ataupun batu bata dengan BP Batam.

Ia juga mengatakan, BP Batam tidak mengelola Limbah Cair B3 Beracun dengan sistem Transportir untuk dikirim ke Cilincing.

Dan luas area kawasan KPLI B3 kurang lebih 20 Ha. Tapi BP Batam mengelola kira-kira 7,2 Ha. Selebihnya dikelola oleh Tenant ada 2 jenis yaitu dengan sistem bayar WTO dan sewa tempat.” jelas Ferdiana.

Dari pantauan media ini dilapangan, begitu banyaknya aktifitas kegiatan usaha di dalam kawasan KPLI B3, bahkan kegiatan usaha tidak layak/tidak berijin. Apakah benar BP Batam hanya menonjolkan Tenant dengan sistem bayar WTO dan sewa tempat saja dari hasil pengelolaan sampai saat ini sebagai laporan PNBP (Pendapatan Negara Bukan Pajak) yang disetorkan kepada Negara…?

Dan apakah mungkin BP Batam tidak memiliki andil serta fungsi apapun atau mau menghindar cuci tangan di dalam kawasan KPLI B3, sehingga puluhan para penggiat usaha beraktifitas dengan leluasa dan tersenyum gembira karena berada di dalam kawasan KPLI B3 milik BP Batam… Kemungkinan besar secara patut diduga ada indikasi setoran berjalan di lokasi yang tertutupi yaitu kawasan Limbah KPLI B3..? (rm)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: