Jurnalis Harus Jaga Integritas, Idealisme dan Independensi

DPRD Batam

Jurnalis Harus Jaga Integritas, Idealisme dan Independensi

Mamuju, SK.co.id – Pers sebagai pilar demokrasi harus terus menjaga serta dijaga integritas, idealisme, dan independensinya, kata Wakil Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) dari Fraksi NasDem, Abdul Rahim.

Legislator NasDem tersebut mengemukakan itu berkaitan dengan Hari Pers Nasional yang diperingati setiap 9 Februari.

Menuruta Rahim, peran media sebagai katalisator, sangat penting dalam proses pembangunan daerah. Lemahnya pers dalam mengontrol setiap langkah dan kebijakan, termasuk dalam meresonansi realitas sosial, akan menjadi cermin buram bagi harapan hadirnya masyarakat madani atau kurang lebih dalam terminologi civil society.

“Ketika lembaga kontrol negara melempem di hadapan kekuasaan, maka media menjadi kekuatan alternatif dalam membangun chek and balance,” ujarnya di Mamuju, Sulbar, Minggu (7/2).
Pada momentum Hari Pers yang diperingati setiap 9 Februari ini, kata Rahim, kader NasDem harus ikut memberi apresiasi atas Hari Pers Nasional.

“Ingat, suka atau tidak, diakui atau tidak, NasDem menjadi besar, sedikit banyak, ada kontribusi media,” imbuhnya.
Rahim menambahkan, Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh tumbuh dan berkembang melalui media.

Karena itu, sambungnya, Surya Paloh selalu mengingatkan agar kader NasDem harus mampu bersinergi dalam membagikan ide dan gagasannya melalui media untuk kemajuan daerah, bangsa, dan negara.

“Media sekali lagi memiliki posisi sangat strategis di tengah bangunan demokrasi yang semakin menghadapi tantangan,” pungkasnya. (RO/partainasdem.id/*)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: