fbpx

Ketua Fraksi Partai NasDem DPR RI, Ahmad Ali : Tidak Ada Mandat Konstitusi Menunda Pemilu

Ketua Fraksi Partai NasDem DPR RI, Ahmad Ali : Tidak Ada Mandat Konstitusi Menunda Pemilu

Jakarta, SK.co.id – Ketua Fraksi Partai NasDem DPR RI, Ahmad Ali menegaskan bahwa tidak ada mandat dari konstitusi maupun rakyat yang bisa membuat pemerintah menghilangkan atau menunda proses pemilihan umum (pemilu) maupun pemilihan kepala daerah (pilkada). Pesta demokrasi itu merupakan kunci kedaulatan rakyat.

“Mandat dari rakyat untuk pemimpinnya, baik level nasional maupun daerah, berada dalam rentang lima tahunan. Dalam masa (itu) adalah hak rakyat untuk memilih kembali pemimpin atau wakil-wakilnya di lembaga-lembaga negara,” ujar Ali dalam keterangan tertulis, Senin (1/2).

Ali mengatakan demokrasi sebuah negara terkonsolidasi dengan baik dapat tercermin melalui rutinitas berkesinambungan dalam pelaksanaan pemilu atau pilkada. Pesta demokrasi yang digelar dengan jujur dan adil secara periodik merupakan wujud nyata dari demokrasi.

“Artinya, terjadi pertanggungjawaban politik lewat pergantian pemimpin atau pelaksana kekuasaan secara berkala,” kata Legislator NasDem tersebut.

Karena itu Fraksi NasDem DPR mendorong pilkada serentak terlaksana pada tahun 2022 dan 2023. Wakil rakyat dari dapil Sulawesi Tengah (Sulteng) itu mengatakan Pilkada 2022 sebagai keberlanjutan dari Pilkada 2017. Sedangkan Pilkada 2023 merupakan keberlanjutan dari Pilkada 2018.

“Laksanakan Pilkada Serentak 2022 dan 2023!” tegas Legislator NasDem itu lagi. ( Sumber : medcom/fraksinasdem )

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: