Menu

Mode Gelap

Galery · 18 Apr 2022 WIB

Ketua Komisi I DPRD Natuna Apresiasi Pembentukan Kampung Adhyaksa


Ketua Komisi I DPRD Natuna Apresiasi Pembentukan Kampung Adhyaksa Perbesar

Natuna,SK.co.id – Terbentuknya Kambong (Kampung) Perdamaian Adhyaksa Kejaksaan Negeri (Kejari) Natuna di Desa Sepempang mendapat apresiasi dari Ketua Komisi I DPRD Natuna, Wan Arismunandar.

Wan Aris yang datang bersama Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Natuna, Jarmin Sidik mengucapkan syukur dan terimakasih kepada pihak Kejari Natuna.

“Saya bersyukur dan berterima kasih atas dibentuknya Kampung Perdamaian Adhyaksa di Desa Sepempang ini,” ucap Wan Aris usai peresmian Kambong Perdamaian Adhyaksa Datuk Kaya Wan Muhammad Benteng Kejari Natuna di Sepempang, Senin 14 Maret 2022 pagi.

Politisi Partai Nasdem itu mengatakan, kehadiran Kambong Perdamaian, selain dapat menjawab rasa keadilan masyarakat, juga diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan hukum ringan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat.

“Semoga permasalahan hukum ringan dapat diselesaikan di tingkat desa, dan tidak sampai di pengadilan,” ucapnya.

Permasalahan hukum tidak selalu harus dilihat dari kacamata hukum formal, akan tapi bagaimana sisi kemanusiaan, juga menjadi pertimbangan dalam melanjutkan kasus hukum ringan di masyarakat.

“Ada kalanya kita temui, kasus pencurian dengan alasan untuk biaya berobat, KDRT, selama korban memaafkan apa salahnya kasusnya dihentikan,” terangnya.

Dalam menyikapi langkah Kejari Natuna dalam upaya restorasi justice yang sesuai dengan keadilan masyarakat, menurut Wan Aris, sudah tepat dalam pengambilan keputusan nantinya akan melibatkan tokoh agama, tokoh masyarakat serta tokoh adat.

“Komposisinya sudah pas, mewakili semua pihak, jadi langkah ini sudah tepat,” ujar Wan Aris.

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Negeri Natuna, Imam MS Sidabutar, menjelaskan perkara ringan yang dapat diselesaikan, seperti pencurian kurang dari Rp2,5 Juta, perkelahian, KDRT apabila ada perdamaian, hal tersebut tidak dilanjutkan pada proses hukum, kecuali untuk residivis.

Artikel ini telah dibaca 28 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Wakil Bupati Natuna Membuka MTQ ke X di Masjid Agung Natuna

18 Mei 2022 - 15:34 WIB

Pro Kontra Investasi Tambang di Natuna Ketua PABPDSI Angkat Bicara

13 Mei 2022 - 09:05 WIB

Bupati Natuna Dukung Offshore Migas Saat Bertemu Staf Ahli Kedutaan AS

10 Mei 2022 - 18:34 WIB

Masyarakat Natuna Terima 100 STB Dari TVRI

9 Mei 2022 - 22:56 WIB

Masyarakat Natuna Terima 100 STB Dari TVRI

Bupati Natuna Pastikan Pembangunan Embung Sebayar Selesai Ditahun Ini

9 Mei 2022 - 20:38 WIB

Safari Ramadhan Terakhir Bupati Natuna di Masjid Ibnu Salim Ranai

1 Mei 2022 - 21:35 WIB

Trending di Berita