KIP Kuliah dan Pemerataan Hak Pendidikan Anak Bangsa

KIP Kuliah dan Pemerataan Hak Pendidikan Anak Bangsa
KIP Kuliah dan Pemerataan Hak Pendidikan Anak Bangsa, SamuderaKepri

Rainy Tukan *)

Opini – Pendidikan merupakan salah satu hak asasi yang mendasar bagi semua manusia. Pendidikan sangatlah penting karena dapat mengubah kehidupan seseorang dengan memberikannya kesempatan yang sama untuk mengangkat derajat kehidupan bahkan mampu membawa seseorang hingga keluar dari kemiskinan. Pendidikan menjadi hak asasi manusia yang harus dipenuhi oleh negara. Pendidikan sebagai hak asasi artinya setiap manusia berhak atas pendidikan di bawah Negara hukum tanpa diskriminasi apa pun. Singkatnya negara berkewajiban melindungi, menghormati, juga memenuhi hak mendapatkan pendidikan, dan mengawasi pelanggaran yang terjadi di dalamnya.

Dalam konstitusi negara Indonesia, hak mendapatkan pendidikan tercantum dalam Undang-Undang Dasar Republik Indonesia 1945 Pasal 31 yaitu: (1) Setiap warga negara berhak mendapat pendidikan. (2) Setiap negara wajib mengikuti pendidikan dasar dan pemerintah wajib membiayai. Kedua ayat pasal tersebut menunjukkan bahwa semua manusia berhak mendapatkan pendidikan. Selanjutnya dalam UUD 1945 juga disebutkan bahwa negara harus memprioritaskan anggaran pendidikan sekurang-kurangnya dua puluh persen dari APBN untuk menyelenggarakan pendidikan nasional.

Bukti kongkrit hadirnya Negara dalam dunia pendidikan nasional kita adalah dengan dikeluarkannya program Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah oleh pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.