fbpx

Konsulat Jenderal India Kunjungi BP Batam Ungkap Rencana Ekspansi Perusahan India Ke Batam

Konsulat Jenderal India Kunjungi BP Batam Ungkap Rencana Ekspansi Perusahan India Ke Batam, SamuderaKepri

Konsulat Jenderal India Kunjungi BP Batam Ungkap Rencana Ekspansi Perusahan India Ke Batam, SamuderaKepri

Konsulat Jenderal India Kunjungi BP Batam Ungkap Rencana Ekspansi Perusahan India Ke Batam, SamuderaKepri
SK – Batam
. Konsulat Jenderal India di Medan untuk Sumatera – Indonesia “YM. Raghu Gururaj” melakukan kunjungan ke BP Batam pada hari Kamis tanggal 20 Juni 2019. Tujuan kedatangan Konsulat Jenderal (Konjen) India adalah untuk mengeksplor potensi perdagangan dengan Negara India di masa yang akan datang, sekaligus menjalin hubungan baik dengan BP Batam sebagai Badan Organisasi yang memiliki otoritas di bidang Investasi Penanaman Modal Asing (PMA).

Kunjungan Konjen India disambut dengan hangat dan antusias oleh Direktur Promosi dan Humas BP Batam Budi Santoso bersama Kasubdit Promosi Ferdiana Sumiartony di balai pertemuan gedung BP Batam.Konsulat Jenderal India Kunjungi BP Batam Ungkap Rencana Ekspansi Perusahan India Ke Batam, SamuderaKepri

 

Budi Santoso mengatakan, BP Batam siap memberikan pelayanan terbaik bagi perusahaan yang berniat melakukan investasi dan perluasannya (ekspansi) di Batam.

Dalam kunjungannya Raghu Gururaj (Konjen India) mengatakan, bahwa ia ingin mengetahui lebih jelas tentang Batam dan bagaimana fokus industri yang berkembang di kawasan yang dikenal sebagai kawasan paling strategis ini. Sehingga ia mengharapkan adanya sinergi yang akan terbentuk di masa yang akan datang antara Batam Indonesia dengan India. Sejumlah perusahaan besar India yang melakukan join ventures dengan Afrika dan Eropa telah membuka substation di Indonesia (Jakara dan Medan), juga menyampaikan niatnya untuk melihat kemungkinan ekspansi perusahaan ke Batam.

Saya tertarik dengan Batam yang dikenal oleh dunia industri. Lokasi sangat strategis, jadi saya ingin tahu apa saja fasilitas yang ditawarkan Batam tentang pajak bea masuk impor dan ekspor barang komponen,” ungkapnya.

Raghu Gururaj juga mengatakan, industri India saat ini berkembang dengan pesat dan beberapa diantaranya sangat cocok di kolaborasikan dengan industri Batam seperti mulai dari industri manufaktur, telekomunikasi, infrastruktur, kesehatan dan pariwisata serta yang tak kalah menarik adalah industri per-film-an.

Dalam pertemuan tersebut, Ferdiana Sumiartony (Kasubdit Promosi) memaparkan sejumlah insentif dan fasilitas menarik di Batam seperti pembebasan Pajak Bea Masuk Impor dan Ekspor, Fasilitas Inland FTA, Pembebasan Pajak Pertambahan Nilai (Value Added Tax), fasilitas GSP (Generalized System of Prefrences), Perjanjian Penghindaran Pajak Berganda dengan 57 Negara, Biaya Investasi yang terjangkau, Keamanan dan Kenyamanan menyimpan data di DRC (Data Recovery Center) BP Batam, serta lokasi yang begitu strategis menjadi kehandalan Batam.

Kemudian Konjen India di Medan ini mengungkapkan ketertarikannya yang sangat besar dengan proyek infrastruktur yang sedang dibangun oleh BP Batam seperti perluasan Bandara Internasional Hang Nadim, juga rencana perluasan dan pengembangan Pelabuhan Batu Ampar, serta rencana pengembangan Batam LRT (Light Rail Transit atau Lintas Rel Terpadu).

Industri India saat ini sedang gencar mengembangkan infrastruktur, para expertise (ahli) juga banyak berasal dari India bekerjasama dengan ahli dari Eropa. Untuk itu sangat memungkinkan untuk melihat kerjasama dibidang ini ke depan,” tambah Raghu Gururaj.

Kedepannya Raghu Gururaj mengharapkan akan ada pertemuan lanjutan untuk membahas prospek kerjasama ini lebih dalam. Ia berencana untuk segera menginformasikan hasil pertemuan hari ini dengan koleganya para pengusaha di India.

Ferdiana menambahkan, Batam memiliki banyak industri unggulan selain manufaktur. BP Batam kini juga fokus mengembangkan industri jasa diantaranya adalah jasa kesehatan dan tourism berbasis digital. Keberadaan Nonga Digital Park dan Infinite Studios Batam, juga dapat mendukung perkembangan Batam sebagai pusat industri digital dan mendukung industri per-film-an.

Ferdiana berharap negara Bollywood yang terkenal dengan industri filmnya dapat menggunakan Infinite Studios untuk bermain film sekaligus sebagai ajang promosi Batam. Ia juga mengungkapkan informasi tentang keberadaan Infinite Studio di Batam merupakan salah satu studio film terbesar di Asia Tenggara yang ikut memproduksi film-film dunia termasuk untuk Hollywood dan HBO.

Usai kunjungan ini, Konjen India bermaksud untuk datang kembali dengan Dubes India di Jakarta beserta Pengusaha India ke Batam. (rm)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: