Home » Batam » Koptu H. Purba Hadiri Pengumpulan Dan Penimbangan Bank Sampah Di Kelurahan Kibing

Koptu H. Purba Hadiri Pengumpulan Dan Penimbangan Bank Sampah Di Kelurahan Kibing

SK-Batam. Babinsa Kelurahan Kibing Koptu H. Purba menghadiri pengumpulan dan penimbangan bank sampah yang telah digalakkan, pada hari Jumat tanggal 09 Agustus 2019, bertempat di Kelurahan Kibing, Kecamatan Batu Aji.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Lurah Kibing, Sekretaris Kelurahan Kibing, Babinsa Koptu H. Purba, Staf Kelurahan Kibing, dan Pengurus Bank Sampah.

Di dalam kegiatan tersebut, Lurah Kibing mengucapkan terima kasih kepada Babinsa yang telah berkenan hadir dan selalu aktif di dalam kegiatan Kelurahan khususnya kegiatan sosial masyarakat di wilayahnya.

Lurah Kibing menambahkan, bank sampah adalah suatu tempat yang digunakan untuk mengumpulkan sampah yang sudah dipilah-pilah. Hasil dari pengumpulan sampah yang sudah dipilah akan disetorkan ke tempat pembuatan kerajinan dari sampah atau ketempat  pengumpul sampah. Bank sampah dikelola menggunakan sistem seperti perbankan yang dilakukan oleh petugas sukarelawan.

Lanjut Lurah Kibing, penyetor adalah warga yang tinggal di sekitar lokasi bank serta mendapat buku tabungan seperti menabung di bank. Bank sampah memiliki beberapa manfaat bagi manusia dan lingkungan hidup, seperti membuat lingkungan lebih bersih, menyadarkan masyarakat akan pentingnya kebersihan, dan membuat sampah menjadi barang ekonomis.

Manfaat bank sampah untuk masyarakat adalah dapat menambah penghasilan masyarakat Kelurahan Kibing karena saat mereka menukarkan sampah akan mendapatkan imbalan berupa uang yang dikumpulkan dalam rekening yang mereka miliki.

Dan masyarakat Kelurahan Kibing dapat sewaktu-waktu mengambil uang pada tabungannya saat tabungannya sudah terkumpul banyak. Imbalan yang diberikan kepada penabung tidak hanya berupa uang, tetapi ada pula yang berupa bahan makanan pokok seperti gula, sabun, minyak dan beras. Setiap satu bulan sekali masyarakat Kel Kibing akan menyetorkan sampah berupa botol plastik, kardus, dan sampah organik”, jelasnya. (r)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Web
Analytics
%d blogger menyukai ini: