Kosongkan Imigran, Malaysia Deportasi Ratusan Pekerja Migran Indonesia

Kosongkan Imigran, Malaysia Deportasi Ratusan Pekerja Migran Indonesia
Kosongkan Imigran, Malaysia Deportasi Ratusan Pekerja Migran Indonesia, SamuderaKepri

Tanjungpinang, SK.co.id – Pekerja Migran Indonesia (PMI) dari Malaysia masuk melalui gate Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau pada Selasa (11/5/2021).

Kepala Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia BP2MI, Benny Rhamdani menjelaskan sebanyak 145 orang PMI departasi dari Malaysia yang datang melalui pelabuhan Sri Bintan Pura.

“Para PMI ini diantaranya ada yang warga Negara Indonesia Korban Perdagangan Orang (WNIKPO) yang selanjutnya ada dibawa ke Rumah perlindungan trauma center dan sebagian lagi ke BP2MI,”ujar Benny.

Sementara itu, Gubernur Provinsi Kepulauan Riau, Ansar Ahmad yang hadir menyambut kedatangan PMI ini mengatakan para imiran mendapatkan perhatian dari Negara.

“Kita wajib menangani ini dengan baik, makanya kemaren kita sudah membentuk gugus tugas Covid khusu PMI ini, baik PMI mandiri maupun yang deportasi,” ujar Ansar Ahmad.

Berdasarkan informasi tahanan imigrasi di Malaysia akan dikosongkan mulai bulan Juni, dimana total imigran Indonesia yang akan di pulangkan mencapai tuju ribu orang.

“Nah, untuk imigran yang tidak memiliki surat-surat resmi. Mentri Dalam Negeri (Memdagri) akan membahas hal ini dalam rapat kabinet pada hari Senin kemaren ini,” tambah Gubernur Kepri.

Dimana nantinya para imigran diharapkan memasuki Indonesia melalui jalur resmi dengan Surat Laksana Perjalanan Paspor (SPLP) yang dikeluarkan oleh kedutaan atau petugas imigrasi Indonesia yang berada di Malaysia. (M/Red).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.