pemko tanjungpinang

Kunjungan Kerja Sekretaris Dinas Potensi Maritim Mabesal Ke Lanal Tarempa

Dinas Pendidikan Provinsi  Kepri

Kabupaten lingga

DPRD KABUPATEN LINGGA

Kunjungan Kerja Sekretaris Dinas Potensi Maritim Mabesal Ke Lanal Tarempa

Anambas, SK.co.id – Komandan Lanal Tarempa Letkol Laut (P) Erfan Indra Darmawan, S.E., M.Tr., Hanla., M.M menerima kunjungan kerja Sekretaris Dinas Potensi Maritim Markas Besar TNI Angkatan Laut Kolonel Laut (P) O.C Budi Susanto bersama rombongan Letkol Laut (KH) Azharudin dan Letkol Laut (KH) Very Budianto dalam rangka rangka Survei dan Puldata rencana program pembentukan Kampung Bahari Nusantara (KBN) di wilayah kerja Lanal Tarempa, Jumat (30/10/20).



Rombongan Sekdispotmar Mabesal tiba di Tarempa pada hari rabu tanggal 28 Oktober 2020 disambut oleh PJs. Bupati Kepulauan Anambas dan Komandan Lanal Tarempa berserta Perwira Staf dan hari Kamis tanggal 29 Oktober 2020 dilaksanakan kegiatan Survei dan Puldata rencana program pembentukan Kampung Bahari Nusantara (KBN) di wilayah kerja Lanal Tarempa dengan diawali Rapat bersama Pemerintah Daerah Kepuluan Anambas bertempat di Kantor Bupati Kepulauan Anambas dengan Agenda Paparan Sosialisasi tentang Kampung Bahari Nusantara oleh Sekdispotmaral kepada Pemda KKA.

Adapun 5 sasaran dari Program (Kluster) KBN diantaranya Bidang EDUKASI meliputi Penyiapan Fasilitas Rumah Pintar (Rumpin), Penyiapan Fasilitas Daring untuk pembelajaran jarak jauh, Pelatihan Tenaga pendidik, Pelatiham pengawak rumpin dan Pelatihan Keterampilan, Bidang EKONOMI meliputi membantu nelayan dalam proses pengurusan surat – surat ijin tangkap, mengembangkan budidaya ikan, rumput laut, lobster serta komoditas laut lainnya, membangun sistem tangkap, olah s/d pemasaran hasil tangkap maupun budidaya, tersedianya modal yang cukup bagi para nelayan, tersedianya cold storage di wilayah pesisir dan tersedianya keramba jaring apung (KJA) di wilayah budidaya perikanan laut, Bidang KESEHATAN meliputi penyuluhan & sosialisasi budaya hidup sehat, membangun/renovasi infrastruktur kesehatan dan sanitasi yang baik, tersedianya Puskesmas/Polindes, tenaga kesehatan dan obat – obatan, melibatkan relawan dalam usaha – usaha meningkatkan taraf kesehatan masyarakat dan mendata dan membantu nelayan mendapatkan pelayanan BPJS, Bidang PARIWISATA meliputi mempelajari potensi – potensi pariwisata di desa – desa binaan, melaksanakan penyuluhan dan pelatihan kepada masyarakat pesisir tentang komoditas pariwisata, menjamin tersedianya modal kerja dan modal usaha, membantu pembentukan kelompok sadar wisata, menjembatani pihak ketiga yang berminat mengembangkan wisata kelautan dan melaksanakan pelatihan olah raga perairan (diving, sailing, swimming) dengan menggandeng komunitas dan K/L terkait, dan Bidang PERTAHANAN meliputi Penataan, Pendataan dan Pembinaan KOMDUK, Warga Negara, SDA, SDB dan SARPAS.

Kegiatan Survei dan Puldata rencana program pembentukan Kampung Bahari Nusantara (KBN) di wilayah kerja Lanal Tarempa oleh rombongan Sekdispotmar Mabesal dengan didampingi Danlanal Tarempa dilaksanakan dibeberapa Desa diantaranya di Arung Hijau Dusun I Desa Tiangau Kec. Siantan Selatan KKA dengan agenda peninjauan Dermaga arung hijau didampingi Danlanal Tarempa dan Kades Tiangau, meninjau lokasi PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) Anambas Cerdas dan meninjau lokasi PAUD Anambas Cerdas, di Desa Batu Belah Kec. Siantan Timur Kab. Kepulauan Anambas dengan agenda berdiskusi bersama Kepala Desa Batu Belah dan meninjau rumah taman baca Desa Batu Belah, di Desa Temburun, Kec. Siantan Timur, Kepulauan Anambas dengan agenda melakukan pertemuan bersam warga dalam rangka dengar pendapat terkait permasalahan bidang maritim di Desa Temburun bertempat di Kantor Sekretariat BPD Desa Temburun Jl. Utama No. 1 Desa Temburun, di Desa Tarempa Timur (Antang) Kec. Siantan Kab. Kepulauan Anambas dengan agenda tatap muka dan berdikusi dengan perangkat desa dan masyarakat desa, di Desa Sri Tanjung Kecamatan Siantan Kab. Kepulauan Anambas dengan agenda melakukan pertemuan bersama warga Desa Sri Tanjung guna melaksanakan sosialisasi tentang Program Kampung Bahari Nasional (***).

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: