fbpx

Pantai Desa Teluk Nibung Pulau Banyak Surga Bagi Penyu Untuk Bertelur

Pantai Desa Teluk Nibung Pulau Banyak Surga Bagi Penyu Untuk Bertelur

Aceh Singkil, SK.co.id – Keberadaan Penyu di Desa Teluk Nibung Kecamatan Pulau Banyak Kabupaten Aceh Singkil yang dilestarikan oleh warga setempat sekarang sudah menjadi target Wisatawan lokal maupun Luar Daerah untuk melihatnya.

Kepulauan Banyak yang memiliki pulau-pulau eksotis dengan hamparan pasir putih selembut bedak memang menjadi surga bagi penyu untuk bertelur.

Pantai Desa Teluk Nibung Pulau Banyak Surga Bagi Penyu Untuk Bertelur, SamuderaKepri

Tak heran, beberapa jenis penyu langka dunia seperti penyu Hijau, Sisik, dan Penyu Belimbing, berada dan berkembang biak di kepulauan yang berada di Samudera Hindia tersebut.

Hampir setiap pulau di gugusan Kepulauan Banyak menjadi tempat penyu bertelur dengan pulau utama tempat penyu bertelur adalah Pulau Bangkaru di Kecamatan Pulau Banyak Barat.

Di Pulau Bangkaru yang berbatas langsung dengan Samudera Hindia, setiap malam penyu datang silih berganti menetaskan telurnya.

Bukan hanya pulau tidak berpenghuni yang menjadi tempat penyu bertelur, kawasan pasir putih di Desa Teluk Nibung, Kecamatan Pulau Banyak, juga didatangi penyu Sisik dan Penyu Hijau untuk bertelur.

Penduduk Desa Teluk Bibung pun menjaga lokasi penyu bertelur secara berkelompok dari gangguan predator. Kegiatan warga itu dibina Pemerintahan Desa Teluk Nibung serta Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA).

Warga menjaga tempat penyu meletakkan telur itu sampai dengan masa penetasan. Setelah penyu menetas kemudian dilakukan karantina hingga usia dua sampai tiga bulan. Ketika tukik (bayi penyu) sudah kuat bertahan di alam, barulah dilepaskan ke laut.

“Upaya masyarakat yang seperti ini adalah hal yang sangat bernilai dalam pelestarian penyu dan ecotourism,” kata Camat Pulau Banyak, Mukhlis kepada wartawan samudrakepri.co.id, Minggu (07/01/2021).

Pelestarian penyu tersebut menambah daftar atraksi wisata di Kepulauan Banyak. Wisatawan tak melulu menikmati pesona alam tapi bisa menyaksikan pelepasan bayi penyu ke alam liar.

Kepulauan Banyak, sesuai namanya memiliki banyak pulau. Dengan banyaknya pulau membuat jumlah pulau itu tak pernah pasti lantaran terkadang timbul tenggelam saat terjadi pasang surut air laut.

Ada yang menyebut jumlah pulau di gugusan Kepulauan Banyak sebanyak 64 pulau. Versi lain menyebutkan 99 pulau sesuai nama Asmaul Husna.

Gugusan Kepulauan Banyak yang termasuk dalam kawasan Kabupaten Aceh Singkil terbagi dalam dua kecamatan, yaitu Kecamatan Pulau Banyak dan Kecamatan Pulau Banyak Barat.

Dari Singkil, ibu kota Kabupaten Aceh Singkil, Kepulauan Banyak dapat ditempuh menggunakan kapal cepat dengan waktu sekitar satu jam. Sedangkan menggunakan kapal feri atau boat tradisional, waktu tempuhnye mencapai tiga jam.(Ris)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: