Pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta di Kabupaten Kulon Progo sudah Rampung

Pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta di Kabupaten Kulon Progo sudah Rampung

Nusantara, SK.co.id – Bandara internasional Yogyakarta yang dibangun di lokasi kabupaten Kulon Progo kini sudah usai. Seperti dilansir dari Facebook Joko Widodo, disebutkan kalau pembangunannya termasuk cepat.

Dalam kurun waktu 20 bulan, pembangunan bandara internasional Yogyakarta ini sudah selesai. Total biaya yang dikeluarkan adalah Rp 11,3 Triliun. Di mana biaya tersebut digunakan untuk pembayaran pembebasan lahan dan juga biaya konstruksi terminal hingga landasan pacu lapangan terbang.



Termasuk canggih, bandara ini sudah menggunakan sistem pengoperasian AirNav. Selain itu sudah dilengkapi dengan sistem peringatan dini Tsunami. Bahkan disebutkan pula kalau bandara ini punya daya tahan dari bencana gempa bumi sampai 8,8 magnitudo.
Bandara internasional di Kabupaten Kulon Progo ini memiliki terminal dengan luas 219 ribu Meter persegi. Untuk landas pacunya sendiri sepanjang 3.250 Meter.

Dengan demikian bandara baru ini dapat digunakan pesawat dengan badan lebar, contohnya Boeing 777 dan Airbus A380. Kapasitas per tahun bandara adalah 20 juta penumpang. Dibandingkan bandara Adisucipto, memang kapasitas penumpang jauh lebih banyak, dapat menampung sampai 1,6 Juta penumpang / tahunnya.

Presiden Joko Widodo menyebutkan kalau bandara internasional Yogyakarta yang baru ini belum tentu langsung ramai. Karena masih dalam suasana pandemi.

“Nanti, begitu vaksinasi Covid-19 mulai dilaksanakan, saya yakin bandara ini menjadi bandara yang ramai,” serunya.(***)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: