fbpx

Penipu Bermodus Calo IPDN Bertarif 300 Juta, Kini Diancam Kurungan Empat Tahun Penjara

Penipu Bermodus Calo IPDN Bertarif 300 Juta, Kini Diancam Kurungan Empat Tahun Penjara
Penipu Bermodus Calo IPDN Bertarif 300 Juta, Kini Diancam Kurungan Empat Tahun Penjara, SamuderaKepri

Tanjungpinang, SK.co.id – Polres Tanjungpinang menggelar Konferensi Pers terkait tindak pidana penipuan dan penggelapan bermodus calo Sekolah Kedinasan IPDN di Mapolres Tanjungpinang, Jumat ( 04/06 ).

Kapolres Tanjungpinang AKBP Fernando SH SIK melalui Kasat Reskrim AKP Rio Reza Parindra di dampingi Kassubag Humas IPTU Suprihadi menjelaskan kronologis kejadian, bahwa pada bulan Maret 2019 saudara DW mengatakan kepada anak pelapor yang bernama YZ bahwa tantenya saudari VS bisa memasukkan seseorang untuk ke jenjang pendidikan IPDN dan setelah melakukan pertemuan dengan terlapor VS di dekat cafe Jln Basuki Rahmat untuk meyakinkan pelapor bisa masuk IPDN.

” Setelah melakukan beberapa kali pertemuan pelapor menyerahkan uang sebesar Rp 300 Juta kepada VS agar dapat menguruskan anak pelapor masuk pendidikan IPDN. Sekitar bulan Mei 2019 anak pelapor mengikuti tes kemampuan dasar ( TKD ) dan anak pelapor dinyatakan tidak lulus, kemudian pelapor memberi tahu kepada VS lalu VS pun berkata nanti bisa lewat jalur belakang begitu sudah mengikuti pelantikan siswa dan tunggu saja nanti di Bandung, ” jelas Rio.

Rio menambahkan, hingga pada saat berada di kampus IPDN Jatinangor dan menunggu VS di Kantin Kampus IPDN dengan tujuan menunggu arahan dari VS, namun tidak segera mendapatkan apa yang telah dijanjikan. Hingga sampai dua bulan kemudian anak pelapor tidak kunjung masuk, akhirnya pelapor menghubungi VS untuk meminta kembali uangnya.

” Dari hasil penyidikan tersangka VS mengaku telah menerima dan menandatangani kwitansi penerimaan uang sebesar Rp 300 juta dari pihak pelapor untuk pengurusan IPDN An YZ,” ujar Rio.

Barang Bukti yang amankan berupa 1 ( satu ) lembar Kwitansi Asli bertanda tangan terlapor, satu lembar cek asli Bank Mandiri Cab. Tanjungpinang senilai Rp 200 Juta An PT KAP. Kerugian yang di alami sebesar Rp 110 Juta.

Tersangka dikenakan pasal 378 dan atau Pasal 372 KUHP dengan ancaman 4 tahun penjara. (Mis/Red).

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

%d blogger menyukai ini: