Home » Batam » Perlunya Pemahaman Tentang Penanganan Dan Pencegahan Penularan Cacar Monyet

Perlunya Pemahaman Tentang Penanganan Dan Pencegahan Penularan Cacar Monyet

SK, Batam – Belakangan ini sering muncul berita wabah penyakit menular Cacar Monyet yang di kabarkan sudah masuk juga ke Batam.

Penyakit menular cacar monyet atau Monkey pox diakibatkan oleh Orthopxvirus – virus pox yang berjenis sama seperti Orthomyxovirus Al atau paramyxovirus ND – memiliki kelemahan yang sama bisa dihancurkan oleh active chlorin 0,5 % (bahan pemutih pakaian) yang biasa dipakai untuk membersihkan ruangan/lantai,” menurut keterangan Ahli dibidangnya.

Namun soal penularan cacar monyet ini dipandang perlu untuk dipahami dan diperhatikan bersama agar tidak menimbulkan kepanikan.

Dr. Sigit Riyanto Direktur Rumah Sakit BP (RSBP) Batam, pada hari Senin tanggal 13 Mei 2019 menyampaikan, menanggapi informasi atau isu wabah penyakit menular (penularan) cacar monyet yang dikenal dengan sebutan monkey pox virus, meminta kepada masyarakat Kota Batam untuk tidak perlu panik.

Masyarakat Batam harus mencermati dan perlu waspada, juga harus tenang dan jangan panik.
Sebab virus tersebut dapat segera diatasi bila segera ditangani,” terang Sigit.

Saat ini belum ada pasien tersebut. BP Batam bersama Kantor Kesehatan Pelabuhan, Dinas Kesehatan, dan seluruh Rumah Sakit di Batam sudah berkoordinasi dengan baik untuk antisipasi penyebarannya,” jelas Sigit.

Ia meyakini pihaknya saat ini selalu berkoordinasi dengan pihak terkait untuk mengambil tindakan pencegahan penularan setelah atau sebelumnya dikabarkan ditemukannya satu kasus impor virus cacar monyet di Singapura.

Meskipun risiko penyebarannya rendah, kami siap menerima apabila terdapat pasien terindikasi penyakit menular tersebut.

Dan kami sudah menyiapkan ruangan isolasi lengkap dengan peralatannya, apa bila ada orang lokal atau asing yang mengeluh panas tinggi, lemas dan muncul ruam atau bintik merah pada kulit , segera kirim ke RSBP Batam atau RSUD Embung Fatimah.

Sigit berharap dengan adanya isu tersebut tidak mengganggu aktivitas perekonomian dan investasi di Batam. (rm)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Web
Analytics
%d blogger menyukai ini: