pemko tanjungpinang

Potensi keanekaragam Hayati Laut Sebagai Objek Wisata di Kabupaten Lingga

Dinas Pendidikan Provinsi  Kepri

Kabupaten lingga

DPRD KABUPATEN LINGGA

Potensi keanekaragam Hayati Laut Sebagai Objek Wisata di Kabupaten Lingga

Opini, SK.co.id – Kabupaten Lingga ? mungkin sebagian orang belum mengetahui kabupaten Lingga karena merupakan kabupaten termuda dan baru di Provinsi Kepulauan Riau setelah lepas dari Kabupaten Kepulauan Riau sejak Mei 2004. Daik adalah ibukota kabupaten Lingga yang lebih dikenal dengan sebutan “Negeri Segantang Lada”. Daerah ini terdiri dari tiga gugusan pulau besar, yang sering disebut dengan istilah selingsing (Senayang, Lingga dan Singkep).



Kabupaten Lingga memiliki potensi keanekaragaman hayati laut mulai dari Mangrove, Terumbu karang, dan berbagai macam spesies ikan laut. Spesies-spesies mangrove yang paling dominan dijumpai adalah Rhizophora apiculata, Sonneratia alba, Avicennia marina, Bruguiera gymnorrhiza, Aegiceras corniculatum, dan Pempis acidula. Di dalam ekosistem mangrove hidup berbagai fauna seperti kera, buaya, ular bakau, dan beragam burung.

Di kawasan perairan ditemukan beranekaragam jenis Terumbu Karang yang cukup tinggi terutama dari genus Acropora. Jenis karang yang ditemukan adalah coral submassive, Acropora tabulate, Acropora branching, Acropora digitata, dan coral mushroom.

Jenis ikan yang banyak ditemukan adalah tenggiri, cakalang, sunu, kerapu, hiu, selar, dan lain-lain. Ikan hias menjadi favorit untuk diekspor adalah ikan ekor kuning (Caesio sp) dan Ikan Badut (Amphiprion sp).

Lumba-lumba dan duyung adalah jenis mamalia yang masih bisa dijumpai di sekitar Kepulauan Riau. Kehadirannya dianggap suatu hal yang menggembirakan karena bisa menjdi hiburan dan tontonan sehari-hari. Lumba-lumba yang sering dijumpai adalah lumba-lumba hidung botol (Bottle-nose Dolphin).

Biota lain yang sering dijumpai adalah kima, gurita, sotong dan kuda laut.

Kabupaten Lingga memiliki banyak lokasi yang potensial untuk dikembangkan sebagai objek wisata, diantaranya adalah Pulau Kapal, dengan pasir putih dan penyu sisiknya ; Selat Kongko dan Kongki, dengan hutan mangrove dan buayanya; Terumbu Cawan, dengan karang dan burung camarnya. Untuk Wisata Bahari, Lingga memiliki lokasi penyelaman seperti Pulau Mamut, Pulau Perangoi, Pulau Enan, Pulau Katang, dan beberapa pulau lainnya.

Dengan potensi Keanekaragaman Hayati laut yang di miliki kabupaten Lingga, untuk itu perlu suatu pengelolaan ekosistem dalam pemanfaatan sumberdaya yang berkelanjutan agar kelestariannya tetap terjaga.

Potensi keanekaragam Hayati Laut  Sebagai Objek Wisata di Kabupaten Lingga

Penulis
Nama : Kelvin Imaniar Yoenky
Nim : 180254241004
Status : Mahasiswa
Jurusan : Ilmu Kelautan
Universitas : Universitas Maritim Raja Ali Haji
No HP/WA : 082283966985
Email : Kelvinimaniar@gmail.com

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: