pemko tanjungpinang

Potensi Keanekaragaman Hayati Laut Terhadap Wisata Bahari Kepri

Dinas Pendidikan Provinsi  Kepri

Kabupaten lingga

DPRD KABUPATEN LINGGA

Potensi Keanekaragaman Hayati Laut Terhadap Wisata Bahari Kepri

Opini, SK.co.id – Siapa yang tidak kenal dengan Provinsi Kepulauan Riau, Provinsi yang masih terbilang muda ini resmi menjadi provinsi yang ke-32 tepatnya pada tanggal 24 September 2002 merupakan pemekaran dari Provinsi Riau. Kepri sendiri merupakan salah satu provinsi yang berbatasan langsung dengan Negara Singapura, Malaysia Vietnam dan Kamboja.



Provinsi ini terdiri dari 5 kabupaten dan 2 kota yaitu Batam dan Tanjungpinang dengan luas wilayah sebesar 8.201,72 km2 terdiri 96% dari laut dan daratan hanya 4% dengan memiliki pulau sebanyak 2.408 serta garis pantai sepanjang 2.367,6 km. dengan luas wilayah yang hampir sebagian besar adalah lautan maka sebagian sumber penghasilan masyarakat kepri bersumber dari laut.

Kepri yang terkenal akan keindahan pesisir dan bawah lautnya, karena di Kepri mempunyai Keanekaragaman hayati yang beragam baik berupa mangrove, terumbu karang serta jenis ikan-ikan bawah laut. Keragaman tersebut berperan dalam menjaga produktivitas dalam lingkup perairan maka perlulah keseimbangan antara biota dan habitatnya. Dengan keberadaan keanekaragaman tersebut memberikan peranan penting yang dapat memberikan manfaat secara langsung bagi masyarakat salah satu contoh ialah nelayan.

Salah satu daerah yang terdapat terumbu karang ialah berada di sekitar perairan Bintan. Tepatnya di Banyan tree Laguna Bintan Lagoi yang merupakan salah satu resort yang mendukung keanekaragaman hayati dengan mendirikan Conservation Lab Banyan Tree Bintan dari tahun 2012 sampai dengan tahun 2015 berdasarkan survei yang dilakukan terdapat sekitar 105 species karang yang ditemui di kawasan Banyan Tree Bintan. Dan masih banyak lagi kawasan-kawasan yang mendukung keanekaragaman hayati baik berupa kawasan konservasi mangrove dan lainya.

Keanekaragaman yang kaya tersebut membuat daya tarik tersendiri bagi orang-orang dari luar untuk berwisata menikamati keindahan alam bawah laut. Hal tersebut memberikan pengaruh besar bagi Kepri untuk menjadi salah satu daerah destinasi wisata bahari, terlebih jika dilihat dari kondisi geografis kepri sangat menguntungkan karena berdekatan dengan negara tetangga serta kepri merupakan salah satu alur pelayaran internasional.
Maka tak heran saat sekarang ini di kepri banyak investor-investor asing datang untuk berinvestasi di sektor wisata bahari, dapat kita lihat saat sekarang ini salah satunya ialah kepri coral yang berada di Batam pulau pengalap terdapat Sea Aquarium kita dapat melihat keragaman dan keindahan terumbu karang serta ikan-ikan dari dalam ruangan serta juga bisa langsung kelaut untuk snorkeling.

Perlu diketahui juga dengan aneka ragaman tersebut maka perlu lah dijaga kelestariannya, baik berupa pengawasan oleh pemerintah setempat dan pengelolaan oleh pihak wisata itu sendiri dan juga teruntuk para wisatawan untuk tetap selalu menjaga lingkungan agar tidak rusak dengan banyak cara seperti tidak membuang sampah di laut, tidak mengambil karang, agar keberadaannya tetap berlangsung dan terjaga.

Penulis : Sepri Hamza

CurriculumVitae

Potensi Keanekaragaman Hayati Laut Terhadap Wisata Bahari Kepri


Nama : Sepri Hamza
NIM : 180254241040
Status : Mahasiswa
Jurusan : Ilmu Kelautan
Universitas : Universitas Maritim Raja Ali Haji
No HP/WA : 0812-6780-0464
Email : seprihamza@gmail.com

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: