Putra Daerah Kepri Raih Juara Nasional, Berharap Pemimpin Daerah Lebih Memperhatikan Pendidikan Seni Dan Seniman

Putra Daerah Kepri Raih Juara Nasional, Berharap Pemimpin Daerah Lebih Memperhatikan Pendidikan Seni Dan Seniman

Tanjungpinang, SK.co.id – Putra Daerah Kepri sabet juara 3 dalam Lomba Sketsa dengan tema “Museum Kepresidenan RI Balai Kirti dan Koleksinya” yang di selenggarakan Balai Museum Kepresidenan RI Balai Kirti.

Terdapat 2 (dua) kategori dalam lomba tersebut yaitu Pelajar dan Umum, Deddi Junizar salah satu putra Daerah Kepri asal Kabupaten Kepulauan Anambas turut serta dalam kategori Umum sebagai salah satu peserta.

Dengan memperoleh skor sebanyak 160, Dedi berhasil menyabet juara ke-3 dalam ajang tersebut, sementara peringkat pertama diraih peserta asal Hambalang yang di wakili Aryo Sunaryo dan Ria Ridwana asal Sumatera Selatan menjadi runner up.

Saat di wawancarai oleh media ini pada Sabtu (13/3/2021), Deddi Junizar mengatakan sebelumnya dia tidak tahu sama sekali museum tersebut.

“Sebelum mencoba untuk sketsa, saya mencari tau tentang museum balai kirti, selama ini saya belum pernah melihat Museum tersebut,” ungkapnya.

Sebelumnya Ia mengaku belum pernah mengikut lomba sketsa seperti ini, yang sering diadakan di pulau jawa, namun di Kepri sendiri sebenarnya sudah ada gerakan seniman hanya saja tidak terlalu tepublis sehingga membuat kegiatan tentang seni seperti ini.

“Untuk anak anak kepri sebenarnya sudah ada Gerakan Senimam Masuk Sekolah (GSMS) yang pernah Pemerintah pusat bentuk, melalui Kementerian pendidikan dan kebudayaan adakan di tahun 2016 sampai 2017 oleh pemerintah disdik kepri memberi peluang kepada senimam seniman kepri untuk mengajar di setiap sekolah yang sudah di tunjuk,” jelas Dedi.

Lanjut Dedi, melalui GSMS itu lah para seniman kepri yang melalui seleksi ketat para seniman yang lolos seleksi mengajar di sekolah, mulai dari musik, theater, tari, pantun, seni lukis dan seni lainnya, Kalau tidak salah selama 3 tahun program kegiatan GSMS itu di laksanakan.

Dedi sendiri memiliki harapan usai raihan prestasi yang Ia dapat ini, membuat Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau lebih memperhatikan seniman daerah Kepri yang tidak kalah bagus dengan Daerah lainnya.

“Kami berharap Pemerintah Provinsi Kepri dan Kabupaten lebih memperhatikan di bidang pendidikan seni dan juga kepada seniman yang ada di Kepri, terlebih dengan Gubernur dan Wakil Gubernur yang baru saat ini”. Harapnya. (Red).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.