Pemko Tanjungpinang

Rapat Paripurna Penyampaian Pandangan Umum Fraksi Fraksi DPRD Anambas

Rapat Paripurna Penyampaian Pandangan Umum Fraksi Fraksi DPRD Anambas

Anambas, SK.co.id – Rapat paripurna penyampaian pandangan umum fraksi fraksi DPRD Anambas dan tanggapan/jawaban kepala Daerah atas pandangan terkait Rancangan perda APBD Perubahan tahun 2020.

Rapat Paripurna Penyampaian Pandangan Umum Fraksi Fraksi DPRD Anambas Penyampaian Pandangan Umum Fraksi Fraksi DPRD Anambas

Rapat di pimpin oleh Ketua DPRD Anambas (Hasnidar) Pada hari Senin 14 September 2020 pukul 14:00 wib, bertempat di Ruang rapat Paripurna lantai I kantor DPRD Anambas, Jl.Imam bonjol, kel.Tarempa, Kec.Siantan, dan peserta rapat dengan tetap mematuhi protokoler kesehatan New normal.

Turut hadir dalam kegiatan Abdul Haris, SH (Bupati KKA), Danlanal Tarempa diwakili oleh( Kapten Laut (P) Budi H), Pabung Kodim 0318/Natuna diwakili oleh (Serma Suwardi), Kacabjari tarempa di wakili oleh (Iksan ), Sekda KKA (Sahtiar, SH.MM), Asisten II (Ibu Catrine), Syamsil Umri (Wakil ketua I DPRD KKA), Firdiansyah (Wakil ketua II DPRD KKA), Kabakesbangpol (Andi agrial), Anggota DPRD KKA.

Rapat Paripurna Penyampaian Pandangan Umum Fraksi Fraksi DPRD Anambas Penyampaian Pandangan Umum Fraksi Fraksi DPRD Anambas



Agenda Rapat Pandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD Anambas dan tanggapan/jawaban Kepala Daerah atas Pandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD Kepulauan Anambas tentang Ranperda APBD-P TA 2020.

Pandangan Fraksi PPP, Menyampaikan penurunan atau koreksi pada usulan APBD-P agar Pemda dapat menggunakan anggaran tersebut semaksimal mungkin. Agar prioritas APBD-P tetap difokuskan untuk penanganan pandemi Covid-19 di wilayah Anambas.


Fraksi PPP juga menyetujui usulan Ranperda APBD-P dengan catatan agar Dinas terkait bekerja lebih optimal dengan anggaran yang telah disediakan serta mengoptimalkan penyaluran dana ke masyarakat untuk menggerakkan roda perekonomian di wilayah Anambas.

Pandangan Fraksi PDIP Menyampaikan, Asumsi dasar baik makro maupun mikro diperlukan untuk menyusun Rancangan APBD maupun APBD-P. Agar Pemerintah Daerah mampu melakukan penyusunan Rancangan APBD-P agar menghasilkan Rancangan anggaran yang akurat.

Fraksi PDIP Plus juga meminta agar Pemerintah Daerah terus berfokus dalam penanganan Covid-19 dengan bekerja sama dengan pihak-pihak terkait.


Fraksi PDIP Plus menyetujui Rancangan APBD-P TA 2020 untuk dibahas pada tahap selanjutnya dengan catatan agar Pemda terua berupaya mewujudkan good governance dan clean govermance dalam penyelenggaraan pemerintahannya.

Fraksi Partai Amanat Nasional, Menyampaikan agar Pemerintah Daerah lebih giat dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah yang hari ini mengalami penurunan. Bahwa Fraksi PAN menyarankan agar Pemda menggandeng seluruh pihak dalam upaya meningkatkan PAD Kepulauan Anambas dan juga mengapresiasi langkah cepat Pemda Anambas dalam upaya mencegah penularan covid-19 dan menyetujui Rancangan APBD-P untuk dibahas di tahap selanjutnya.

Fraksi Bintang Nasional Indonesia Menyampaiakan, agar Pemda memprioritaskan alokasi anggaran untuk mengatasi berbagai dampak yang diakibatkan oleh Covid-19. Agar Pemda menyalurkan bahan sembako kepada masyarakat terdampak, memberikan insentif kepada pelaku usaha serta meningkatkan program padat karya untuk meminimalisir dampak covid-19

Fraksi Bintang Nasional Indonesia menerima Rancangan APBD-P untuk dibahas pada tahap selanjutnya.

Adapun catatan dari kami yaitu agar alokasi anggaran untuk pencegahan lebih diperkuat, juga memproteksi tenaga kesehatan yang berada di garis depan, selanjutnya jaring pengaman sosial juga perlu terus dilakukan serta keterbukaan Pemda terkait dengan data alat-alat kesehatan yang kita miliki.

Fraksi Karya Indonesia Raya Menyampaikan, bahwa fraksi Karya Indonesia Raya mengapresiasi Pemda Anambas yang mengikuti instruksi Kemendagri dalam melakukan refocussing anggaran untuk penanganan covid-19. Bahwa fraksi Karya Indonesia Raya meminta agar Bupati memaparkan langkah strategis dan kongkrit terhadap trend penurunan dalam APBD khususnya di bidang pendapatan daerah.


fraksi Karya Indonesia Raya meminta Bupati agar mengeluarkan kebijakan berbasis kinerja agar tiap-tiap alokasi anggaran dapat dapat secara optimal digunakan.

Fraksi Karya Indonesia Raya menerima Rancangan APBD-P untuk dibahas di tahap selanjutnya

Tangapan Bupati Anambas atas pandangan umum fraksi PPP plus, Berdasarkan pandangan umum praksi PPP plus, pihak Pemda akan mengoptimalkan perubahan APBD untuk memenuhi capaian yang belum terlaksana pada APBD induk yang lalu dan memastikan anggaran perubahan tahun 2020 untuk penanganan Covid-19 dan pemulihan perekonomian selama masa pandemi.

Tangapan Bupati Anambas atas pandangan fraksi PDIP plus, Berkenaan dengan pendapatan daerah dapat kami sampaiakan bahwa penganggaran pendapatan daerah telah sesuai dengan dasar hukum dari kementrian keuangan.

Penanganan Covid-19 merupakan kerjasama seluruh elemen baik Pemda, DPRD maupun TNI/POLRI terutama masyatakat, sehingga marilah kita bersama sama mensosialisasikan dan menyampaikan setiap intruksi pemerintah kepada masyarakat.
Bekerja sama dan sinergitas yang baik antara Pemda, DPRD, akan menghasilkan perencanaan penganggaran yang bermutu demi kesejahtraan masyarakat.

Tangapan Bupati Anambas terkait pandangan fraksi PAN, Dampak dari pandemi Covid-19 sehingga menimbulkan dampak bagi kehidupan sehari hari baik dari kesehatan maupun perekonomian. Untuk itu, penurunan pendapatan daerahpada oerubahan APBD 2020merupakan dampak nyata yang di alami oleh pemerintah daerah.

Pihak pemerintah daerah akan terus berkomitmen untuk terus meningkatkab pendapatan asli daerah dalam upaya kemandirian masyarakat daerah.

Pandangan umum dari masing-Masing Fraksi-Fraksi DPRD Anambas Menyetujui tentang nota keuangan untuk dibahas keselanjutnya serta Rancangan Perda APBD Perubahan tahun Angaran 2020, Rapat yang dihadiri oleh 13 dari total 20 anggota DPRD Kepulauan Anambas.(***)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: