pemko tanjungpinang

Rumah Sakit Galang Tidak Hanya Tangani Covid-19

Dinas Pendidikan Provinsi  Kepri

Kabupaten lingga

DPRD KABUPATEN LINGGA

Rumah Sakit Galang Tidak Hanya Tangani Covid-19

SK, KEPRI – Rumah sakit yang direncanakan dibangun di Pulau Galang, Batam, tidak hanya untuk menangani penderita Covid-19, melainkan infeksi lainnya yang disebabkan virus dan bakteri, kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau, Tjetjep Yudiana.

“Jadi tidak benar rumah sakit yang akan dibangun di Galang itu hanya khusus untuk menangani penderita Covid-19. Yang benar itu, seluruh penyakit yang disebabkan virus atau bakteri,” ujarnya, yang dihubungi di Tanjungpinang, Rabu.

Tjetjep menyatakan rumah sakit itu dibutuhkan karena penderita penyakit yang disebabkan virus atau bakteri itu membutuhkan penanganan khusus, termasuk ruangan khusus agar tidak menular terhadap pasien lainnya.

Penyakit lainnya yang juga ditangani di rumah sakit yang akan dibangun di Galang seperti TBC dan HIV Aids.

“Jumlah penderita TBC di Kepri cukup banyak sehingga perlu penanganan khusus di rumah sakit khusus sehingga pasien lainnya yang daya tahan tubuhnya lemah tidak tertular,” ucapnya.

Tjetjep berharap rumah sakit yang dibangun pemerintah pusat di Galang setara Rumah Sakit Penyakit Infeksi Prof. Dr. Sulianti Saroso di Jakarta Utara. Penanganan pasien yang terinfeksi virus maupun bakteri secara khusus akan menyelamatkan pasien tersebut.

“Kami berharap informasi terkait pembangunan Rumah Sakit Corona yang terlanjur tersebar di media sosial dan sejumlah media massa diklarifikasi karena sebenarnya bukan hanya untuk Covid-19, melainkan juga penyakit lainnya yang tidak kalah penting untuk ditangani secara khusus,” tuturnya.

Menurut dia, informasi yang berkembang luas terkait pembangunan rumah sakit di Galang, Batam dapat menimbulkan kecemasan yang luar biasa di tengah masyarakat, karena terkesan Covid-19 sudah meluas sehingga dibangun rumah sakit itu.

“Sekali lagi saya katakan, pembangunan rumah sakit itu tidak hanya untuk penderita Covid-19,” tegasnya.

Ia mengatakan pagi ini tim dari pusat yang dipimpin Panglima TNI akan meninjau lokasi pembangunan rumah sakit tersebut. Pembangunan rumah sakit tersebut tentunya tidak mengganggu sektor lainnya, seperti pariwisata, pendidikan dan sosial kemasyarakatan.

“Pemerintah memilih Galang untuk pembangunan rumah sakit tentu dengan berbagai pertimbangan yang matang. Bagi Pemprov Kepri ini adalah kabar baik,” katanya(***)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: