fbpx

TMMD Ke-110 Kodim 0313/Kampar, Buka Jalan Pertanian dan Peluang PAD Wisata

TMMD Ke-110 Kodim 0313/Kampar, Buka Jalan Pertanian dan Peluang PAD Wisata

Medan, SK.co.id – Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-110 TA 2021 Kodim 0313/Kampar telah pun dibuka secara resmi pada Selasa, 2 Maret lalu.

Sejak itu sampai kini, berbagai sarana dan prasarana infrastruktur terus dikebut pengerjaannya oleh Prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas TMMD Kodim 0313/Kampar.

Salah satu sasaran fisik itu adalah pembukaan dan pengerasan badan jalan di wilayah Desa Koto Ranah, Kecamatan Kabun, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Provinsi Riau.

“Satgas TMMD membuka jalan ini untuk memudahkan para petani mengangkut hasil perkebunannya ke daerah luar,” terang Pgs Kapendam I/BB, Letkol Inf Robinson Tallupadang merespon progres TMMD ke-110 Kodim 0313/Kampar yang telah memasuki sepekan di Media Centre Pendam I/BB, Jln Gatot Subroto Km 7,5 Medan, Senin (8/3/2021).

Diuraikan Pgs Kapendam I/BB, pembukaan badan jalan yang dilanjutkan dengan pengerasan, merupakan satu dari tujuh sasaran fisik dalam TMMD ke-110 Kodim 0313/Kampar.

Sasaran lainnya, antara lain pembuatan box culvert, peningkatan badan jalan, pembangunan drainase dan betonisasi jalan.

Selama ini, akses pertanian di Desa Koto Ranah ini hanya berupa jalan tanah berkelok dan terjal di beberapa titik.

Kondisi jalan pertanian ini tak jarang harus mengepulkan debu tebal di saat kemarau, dan kubangan lumpur di kala musim hujan. Namun itupun tetap dilalui petani untuk bisa menjual hasil buminya ke kota .

Namun sejak Prajurit TNI dari Satgas TMMD ke-110 Kodim 0313/Kampar datang, kondisi jalan itu tak lagi rimbun dengan semak, berdebu saat kemarau, dan berlumpur di kala hujan.

Pembukaan jalan di Desa Koto Ranah ini memang sangat dibutuhkan. Tidak saja untuk petani yang pergi bekerja ke kebun, tetapi juga akses menuju lokasi wisata Puncak Ranah atau disebut juga Negeri di Atas Awan.

“Jadi, jalan yang dibuka dan dilakukan pengerasan ini agar petani lebih mudah mengangkut hasil perkebunan, dan pemerintah setempat juga mendapat income berupa Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari wisata,” urai Letkol Robinson.

Selain kegiatan fisik, TMMD ke-110 Kodim 0313/Kampar ini juga melakukan kegiatan non fisik. Seperti sosialisasi pencegahan Covid-19, penyuluhan bahaya narkoba, dan mengajak masyarakat mengikuti vaksinasi Covid-19.

Sumber: Pendam I/BB

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: