fbpx

Tokoh Pemuda Lingga Himbau DPMD Dan Inspektorat Bekerja Lebih Ekstra Bimbing Serta Awasi Penggunaan Dana Desa

Tokoh Pemuda Lingga Himbau DPMD Dan Inspektorat Bekerja Lebih Ekstra Bimbing Serta Awasi Penggunaan Dana Desa
Tokoh Pemuda Lingga Himbau DPMD Dan Inspektorat Bekerja Lebih Ekstra Bimbing Serta Awasi Penggunaan Dana Desa, SamuderaKepri

Lingga, SK.co.id – Bustami salah satu tokoh sentral pemuda lingga meminta kepada DPMD Lingga dan inspektorat supaya bekerja lebih ekstra dalam membina dan mengaudit penggunaan Dana Desa(DD) di 75 desa se-kabupaten Lingga.

Hal ini diungkapkan terkait banyaknya kejadian yang melibatkan beberapa kepala desa yang bermasalah dalam pengelolaan anggaran yang sudah dikucurkan pemerintah pusat dalam bentuk Dana Desa (DD),terutama dalam penyusunan RAB Pembangunan yang sering terjadi pembengkakan anggaran.

“Dalam penilaian kami masih banyak kecolongan pemerintah dalam melakukan pemantauan penggunaan dan pengelolaan Dana Desa itu sehingga ada beberapa kades yang bermasalah tentang itu, terutama dalam penyusunan Rencana Anggaran Belanja (RAB) pembangunan yang selalu terjadi pembengkakan anggarannya”, ungkap Bustami pada Sabtu (28/08/2021).

Melalui Aplikasi whatsapp dia juga mencontohkan salah satu dari material seperti harga semen/zak dipasaran yang selalu tidak sesuai dengan SPJ yang dilaporkan. hal ini sering membuat pertanyaan dan gejolak dilingkungan masyarakat Desa.

” salah satu contoh yang jelas dapat kite lihat seperti harga semen/ zak yang pasaranye hanya sekitar Rp 95.000/zak sampai ke lokasi, boleh di cek disemua SPJ Desa yang hampir rata – rata laporannya lebih dari harga 100ribu, dari situ saja sudah nampak merugikan negara, belum lagi yang lainya”, jelas pria yang kerap disapa Bus itu.

Dalam hal ini Bustami meminta kepada DPMD dan Inspektorat Kabupaten Lingga agar lebih Ekstra dalam pembinaan dan audit demi menyelamatkan keuangan negara dari praktek oknum Kepala Desa yang mengambil kesempatan dalam menjabat dan akan merugikan masyarakat dan Negara. hal ini dikhawatirkan agar tidak terjadi gejolak yang tidak diinginkan dalam kehidupan bermasyarakat.

” Kami harap kepada dinas DPMD dan Inspektorat supaye lebih ekstra dalam pembinaan dan audit untuk mendisiplinkan dari permainan oknum kades yang mau mengambil kesempatan dalam jabatan nya, hal ini kite khawatirkan terjadi gejolak di kehidupan masyarakat kita juga”,imbuhnya lagi.

Dikesempatan ini Bustami juga menghimbau kepada seluruh masyarakat desa di kabupaten Lingga supaya ikut serta mengawasi setiap pembangunan yang telah dianggarkan supaya benar-benar prioritas dan tepat sasaran untuk dimanfaatkan masyarakat demi mendongkrak ekonomi nya. Semoga kepala desa yang akan dilantik nanti mampu bekerja lebih baik demi kesejahteraan masyarakat.

” bagi masyarakat desa juge supaya ikut memantau segala bentuk pembangunan supaya betul2 prioritas dan tepat sasaran untuk dinikmati dalam bentuk pengembangan ekonomi mereka dikampung”. tutup nya

Selain itu,dia juga akan selalu berkoordinasi dengan satgas Dana Desa guna memantau disetiap penggunaannya serta siap akan menyalurkan aspirasi masyarakat dari desa. dan juga akan memberikan pendampingan hukum jika Ada laporan tentang penyelewengan Dana Desa.(oji)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: