Home » Berita » Turnamen Sampan Layar Desa Kualaraya ke-IV Kembali Digelar

Turnamen Sampan Layar Desa Kualaraya ke-IV Kembali Digelar

SK, Lingga – Desa Kualaraya, Kecamatan Singkep Barat kembali menggelar rapat pembahasan perayaan HUT RI ke 74. Rencananya Desa Kualaraya akan kembali menggelar turnamen sampan layar ke empat kalinya, pada Minggu (08/09/2019).

Kegiatan yang telah masuk dalam agenda tahunan Desa Kualaraya dan sudah dilaksanakan empat kali ini terbuka untuk seluruh peserta diKabupaten Lingga.

Salah satu peserta yang tengah mempersiapkan Sampan Layar Untuk ikut dalam perlombaan nantinya

Salah satu peserta yang tengah mempersiapkan Sampan Layar Untuk ikut dalam perlombaan nantinya

Kepala Desa Kualaraya Dekky berharap kepada ketua terpilih beserta anggota supaya dapat melakukan kerja sama yang baik, terutama dalam mengatur para peserta dan juga titik lokasi yang akan di lalui nanti.

“Saya harap pada pelaksanaan tahun ini lebih baik dibandingkan dengan tahun lalu, sebab kegiatan ini sudah menjadi ikon di desa Kuala Raya”, ungkap Dekky, Jumat (09/08/2019).

Adapun hasil rapat pembentukan panitia pengurus Turnamen Sampan Layar Desa Kualaraya III terpilih sebagai ketua panitia Sdr. Misran, Pembina Kepala Desa Kualaraya, Babinkamtibmas, Babinsa, Sekretaris Sdr. Alex, Bendahara Sdi. Hajirah, Seksi Perlengkapan Daing Malintak, Rama, Erwan, Irwan, Aan, Ipan, Asis, Seksi Pertandingan Irwan, Anwar, Djakfar Sidik, seksi kosumsi Pauzilah Dkk, Seksi keamanan Daeng Malintak dan anggota Linmas, dan Koordinator pengamanan laut Syamsurizal.

Misran yang terpilih sebagai ketua panitia mengatakan kepada SamuderaKepri.co.id, “selain pelaksanaan Turnamen Sampan Layar dan Lomba Jongkong yang memang sudah masuk dalam agenda tahunan Desa Kualaraya, saya pribadi juga akan membuat kegiatan jalan santai dengan berbagai jenis hadiah, dari perabotan rumah tangga sampai sembako nantinya akan kita bagikan kepada peserta yang beruntung. Hal ini untuk lebih memeriahkan peringatan HUT RI Ke-74 yang akan kita gelar, disamping itu janganlah dipandang dari hadiahnya tetapi rasa kebersamaan yang paling terpenting sehingga kedepannya Desa kualaraya akan bertambah baik dan maju”, harapnya.

Pada pelaksanaannya kegiatan nantinya juga akan digelar berbagai perlombaan, diantaranya lomba jongkong dan jalan santai yang berhadiahkan sembako.

Okta Kurniadi, salah seorang peserta Turnamen Sampan Layar Desa Kualaraya yang pada pelaksanaan tahun lalu mendapat juara ke- 2 mengatakan, “pada pelaksanaan tahun lalu l, peserta yang ikut dalam pelombaan bukan hanya dari desa kami saja, namun ada juga peserta dari luar desa seperti Desa Bakong dan Desa Kute, dengan jumlah peserta sampai 14 unit sampan,” sebutnya.

Ia juga menyampaikan bahwa permainan ini sudah menjadi ikon tradisional sejak dari zaman dahulu. Dulu sebelum perahu yang menggunakan mesin, nenek moyang kita dahulu berlayar hanya mengandalkan angin untuk mengarungi lautan. Hal ini menjadi tugas kita untuk tetap melestarikan seni berlayar ini.

Menurutnya, icon tersebut harus tetap dilanjutkan terus-menerus jangan sampai punah dan hilang, “saya juga berharap event seperti ni akan bertambah peminatnya dan lebih banyak lagi peserta yang mengikuti perlombaan seperti ini”, tutupnya.(Ari)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Web
Analytics
%d blogger menyukai ini: