pemko tanjungpinang

Update Covid-19, ODP Di Lingga Bertambah Lagi

Dinas Pendidikan Provinsi  Kepri

Kabupaten lingga

DPRD KABUPATEN LINGGA

Update Covid-19, ODP Di Lingga Bertambah Lagi

SK, Lingga – Kabupaten Lingga melalui Dinas Kesehatan Lingga kembali merilis siaran pers untuk menyampaikan informasi terkait situasi Covid-19 di wilayah Lingga, hingga hari Sabtu (11/04/2020) status Orang Dalam Pantauan (ODP) kini bertambah kembali dengan total 7 (tujuh) Orang.

Kecamatan Singkep menjadi yang terbanyak dimana ODP disana berjumlah 4 (empat) Orang, disusul Kecamatan Singkep Barat yang bertambah menjadi 2 (dua) Orang dan yang terakhir Kecamatan Singkep Pesisir dengan 1 (satu) Orang. Rapid tes pun sebelumnya telah dilakukan terhadap 6 (enam) ODP dengan hasil non reaktif seluruhnya.

Pemerintah Kabupaten Lingga terus berupaya seoptimal mungkin dalam penanganan Covid-19, saat ini Pemkab Lingga selalu melakukan protokol kesehatan di area dan transportasi publik dengan deteksi suhu tubuh di titik pintu pelabuhan/bandara, adapun hasil yang
didapat yaitu
a. Bandara Dabo : 63 diperiksa suhu tubuh, 0 ODP
b. Pelabuhan Dabo : 10 diperiksa suhu tubuh, 0 ODP
c. Pelabuhan Penuba : 8 diperiksa suhu tubuh, 0 ODP
d. Pelabuhan RORO Jagoh : 19 diperiksa suhu tubuh, 0 ODP

Kegiatan surveilans covid-19 sampai dengan 11 April 2020 (pengumpulan, pencatatan, analisa data, pemantauan penyebaran, pengamatan dan deteksi dini dilakukan secara terus-menerus) pada wilayah kerja 12 puskesmas se-Kabupaten lingga menunjukkan laporan kasus secara akumulatif 7 ODP dan 0 PDP.

Kemudian Kegiatan surveilans akan dilaporkan secara sistematis dan dikoordinasikan ke pejabat kesehatan tingkat kabupaten maupun provinsi secara berjenjang.

Untuk protokol kesehatan orang dengan pemantauan (ODP) dilakukan dengan isolasi mandiri, formulir pemantauan harian, edukasi promosi kesehatan oleh petugas kesehatan wilayah setempat selama 14 hari berturut-turut, dan secara ketat memantau kondisi kesehatan (suhu tubuh, batuk, sesak nafas, pneumonia ringan/berat) sampai dengan dinyatakan sehat dan selesai dalam pemantauan dengan pemberian surat keterangan selesai dalam pemantauan.

Kegiatan komunikasi edukasi dan informasi promosi kesehatan terkait covid-19 disebarluaskan kepada
masyarakat secara aktif dan terus-menerus untuk melakukan pembatasan kontak fisik, menjaga jarak 1-2 meter, menghindari keramaian, menerapkan etika batuk dan selalu cuci tangan pakai sabun. hal ini menjadi kunci utama pemutusan penyebaran covid-19 di masyarakat dan dibutuhkan inisiatif dan partisipasi oleh seluruh komponen masyarakat untuk melaksanakan hal tersebut.

Protokol/himbauan/edaran yang telah dijalankan pemerintah kabupaten lingga berdasarkan pedoman Nasional yang ditetapkan oleh pemerintah pusat, diharapkan untuk wajib dan secara terus-menerus dipatuhi oleh masyarakat lingga. Serta secara bersama-sama ciptakan kondisi aman, ikut menyebarluaskan informasi
yang benar dan resmi, jujur terhadap kondisi kesehatan, saling mendukung, berpikir positif, senantiasa
bersikap tenang, waspada dan siaga.

Sedangkan untuk situasi di Provinsi Kepulauan Riau sampai dengan 11 April 2020 pukul 18.00 wib telah menunjukkan kasus dengan jumlah 23 terkonfirmasi positif, 4 meninggal, 2 sembuh, adapun daerah terkonfirmasi positif dari hasil tes PCR covid-19 yaitu Kota Tanjungpinang dengan 12 orang, Kota Batam 10 orang, dan Kabupaten Karimun 1 orang, dimana 2 pasien yang telah sembuh tersebut masing-masing dari Kota Tanjungpinang 1 orang dan Kabupaten Karimun 1 orang.

Sementara itu untuk situasi Indonesia sampai dengan 11 April 2020 pukul 17.00 wib telah menunjukkan kasus dengan jumlah 3,842 konfirmasi positif, 327 meninggal, 286 sembuh, dengan wilayah transmisi DKI Jakarta, sumatera selatan (kota prabumulih), jawa barat (kabupaten bogor, kabupaten karawang, kabupaten bekasi, kota Bogor, kota bandung, kota bekasi, kota depok), jawa tengah (kota surakarta, kota semarang), jawa timur (kabupaten kediri, Kabupaten malang, kabupaten sidoarjo, kabupaten magetan, kota surabaya), banten (kabupaten tangerang, kota tangerang, Kota tangerang selatan), bali (kabupaten jembrana, kabupaten badung, kabupaten buleleng, kota denpasar), kalimantan Barat (kota pontianak), kalimantan selatan (kota banjarmasin), kalimantan timur (kota balikpapan), sulawesi utara (kota Manado), sulawesi selatan (kabupaten gowa, kabupaten maros, kota makassar), sulawesi tenggara (kota kendari).

Demikian siaran pers yang diumumkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Lingga untuk dapat disebarluaskan sebagai informasi resmi dan keterangan
lebih lanjut dapat menghubungi call center. Akses informasi mengenai covid-19 melalui chatbot wa
covid-19.go.id (+6281133399000) dan website infeksiemerging.kemkes.go.id atau corona.kepriprov.go.id, Pemkab Lingga menghimbau kepada masyarakat agar dapat bersama-sama mematuhi segala himbauan untuk menjaga situasi agar tetap dalam suasana kondusif.(Ari)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: