fbpx

Wakil Bupati Anambas Wan Zuhendra Lantik BPD Se- Kecamatan Siantan Selalatan

Wakil Bupati Anambas Wan Zuhendra Lantik BPD Se- Kecamatan Siantan Selalatan

Anambas, SK.co.id – Wakil Bupati Kepulauan Anambas Wan Zuhendra, Menghadiri Acara Pelantikan dan Pengucapan Sumpah Janji, Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Se – Kecamatan Siantan Selatan, Desa Kiabu, Desa Telaga, Desa Telaga Kecil, Desa Lingai Kecamatan Siantan Selatan Kabupaten Kepulauan Anambas, masa jabatan 2021 – 2027 bertempat Kantor Camat Air Bini, Rabu 7 April 2021.

Wakil Bupati Anambas Wan Zuhendra Lantik BPD Se- Kecamatan Siantan Selalatan, SamuderaKepri

Kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan pemilihannya dilakukan beberapa waktu yang lalu. Fungsi dari BPD yakni membahas dan menyepakati rancangan peraturan desa bersama kepala desa, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa serta melakukan pengawasan kinerja kepala desa.

Selain itu, wewenang BPD lainnya adalah menyampaikan aspirasi masyarakat kepada Pemerintah Desa secara lisan dan tertulis, melaksanakan monitoring dan evaluasi kinerja kepala desa, meminta keterangan tentang penyelenggaraan pemerintahan desa kepada Pemerintah Desa, mengawal aspirasi masyarakat, menjaga kewibawaan dan kestabilan penyelenggaraan pemerintahan desa berdasarkan tata kelola pemerintahan yang baik, menyusun peraturan tata tertib BPD, menyampaikan laporan hasil pengawasan yang bersifat insidental kepada bupati melalui camat, menyusun dan menyampaikan usulan rencana biaya operasional BPD secara tertulis kepada kepala desa untuk dialokasikan dalam rancangan anggaran dan pendapatan belanja desa.

BPD bersama-sama dengan kepala desa harus mampu menciptakan iklim yang kondusif, dengan demikian kepercayaan masyarakat terhadap BPD tumbuh dan masyarakat dapat merasakan manfaat yang sebesar-besarnya dari pelayanan yang diberikan oleh BPD bersama kelembagaan lainnya di desa.

Untuk dinas terkait dalam hal ini dinas sosial, pemberdayaan masyarakat dan desa untuk segera lakukan bimbingan teknis kepada anggota BPD yang dilantik hari ini sehingga kedepannya anggota BPD tahu akan tugas dan kewajibannya dalam mengemban tugas guna mempercepat pembangunan di desa masing-masing.

Masyarakat juga dapat berperan secara aktif dalam setiap tahapan rencana pembangunan dan kepada BPD yang dilantik agar menjadi fasilitator yang bisa menyinergikan berbagai kepentingan yang kadang kala berbeda sudut pandang.

Tanpa terkecuali tokoh masyarakat untuk membangun desa dengan menggali dan memanfaatkan potensi yang ada dengan arif, bijaksana dan berwawasan lingkungan.(Riandi/Red)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: