fbpx

Wow!! Anambas Punya Potensi Perkebunan Mangga

DPRD Batam

, Wow!! Anambas Punya Potensi Perkebunan Mangga, SamuderaKepri

SAMUDERAKEPRI.CO.ID, ANAMBAS – Kabupaten Kepulauan Anambas, memiliki potensi tanaman penghasil buah-buahan.

Seperti tanaman buah mangga. Saat ini, tanaman mangga yang ada di Kepulauan Jemaja, Kepulauan Palmatak termasuk Kepulauan Siantan, mulai bisa dinikmati.

Saat ini buah mangga, sudah mulai masak. Hampir merata masyarakat yang memiliki tanaman mangga, telah menikmati hasilnya. Ada yg dikonsumsi sendiri, ada yang dibagi-bagikan kepada tetangga, bahkan ada yang dijual kepada dengan harga Rp.20.000/Kg dengan isi 6 buah dalam setiap Kg.

, Wow!! Anambas Punya Potensi Perkebunan Mangga, SamuderaKepri

Dari hasil pengamatan yang dilakukan, dalam setiap 1 Kg hasil buah mangga, belum ditemukan buah mangga yang busuk. Namun demikian, tetap ada buah mangga yang kurang bagus. Hal ini dikarenakan buah mangga tersebut, jatuh.

Baik pada saat proses pemanenan atau karena jatuh dengan sendirinya.
Sebagai seorang mantan ASN yang pernah bergelut pada sektor tanaman di Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas, sangat menyayangkan rendahnya perhatian pemerintah terhadap program budidaya tanaman penghasil buah-buahan.

Oleh sebab itu diharapkan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas, melalui OPD yang berwenang, lebih memperhatikan potensi lokal.

Dan bila perlu Pemerintah Daerah Kepulauan Anambas, melakukan study banding ke Kabupaten Indramayu, dalam hal pengembangan tanaman buah mangga, yang mana investor tanaman buah mangga melakukan kerjasama dengan masyarakat dalam pengembangan tanaman mangga dengan skala rumahtangga.

Diakui oleh pengamat, selama memperhatikan tanaman mangga di Kabupaten Bintan, Kabupaten Karimun, Kota Tanjungpinang, bahkan Kota Batam, tanaman mangga dihalaman rumah warga, sangat menjanjikan untuk dikembangkan.

Pengamat telah melakukan peninjauan bukan hanya setahun atau dua tahun, hampir selama mengabdikan diri di Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas, lebih kurang 9 tahun, tanaman mangga menjadi perhatian yang unik baginya.

Sangat disayangkan, tanaman penghasil buah-buahan lolos dari perhatian Pemerintah. (***)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: