Bursa Efek Indonesia Perkenalkan Single Stock Futures sebagai Inovasi Produk Derivatif

0
86
Bursa Efek Indonesia Perkenalkan Single Stock Futures sebagai Inovasi Produk Derivatif

Bursa Efek Indonesia Perkenalkan Single Stock Futures sebagai Inovasi Produk Derivatif

Jakarta, SK.co.id – Dalam upaya memperkaya keragaman produk investasi di pasar modal, Bursa Efek Indonesia (BEI) mengumumkan peluncuran produk derivatif terbaru, Single Stock Futures (SSF). Produk ini dirancang untuk memberikan alternatif investasi yang lebih fleksibel bagi investor yang telah akrab dengan instrumen pasar modal seperti saham dan obligasi.

SSF: Sebuah Langkah Maju dalam Derivatif Keuangan

Berbeda dari derivatif keuangan lainnya yang berbasis indeks atau surat utang negara, SSF menawarkan keunikan dengan saham sebagai aset dasar. Keunggulan SSF terletak pada satuan kontraknya yang minimal, memungkinkan investor untuk memulai investasi dengan modal yang lebih terjangkau. Misalnya, untuk membeli satu kontrak SSF yang mendasari saham dengan harga 10 ribu rupiah, investor hanya perlu mengeluarkan 40 ribu rupiah, jauh lebih rendah dibandingkan pembelian langsung saham yang memerlukan 1 juta rupiah.

Manfaat dan Fleksibilitas SSF

SSF tidak hanya menawarkan kemudahan akses tetapi juga fleksibilitas dalam strategi investasi. Investor dapat memanfaatkan produk ini untuk hedging, melindungi nilai portofolio, serta mengambil keuntungan dari pergerakan pasar baik saat tren naik maupun turun. Dengan kemampuan untuk mengambil posisi short, SSF menjadi alat yang efektif dalam kondisi pasar bearish.

Peluncuran dan Edukasi

BEI akan memulai dengan meluncurkan SSF untuk lima saham dari indeks LQ45, termasuk BBCA, BBRI, TLKM, ASII, dan MDKA, dengan periode kontrak yang bervariasi. Kerja sama dengan PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI) dan PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) telah memastikan infrastruktur regulasi dan sistem yang mendukung transaksi SSF siap digunakan oleh Anggota Bursa.

Dalam persiapan peluncuran SSF ke publik, BEI bersama dengan Anggota Bursa derivatif sedang melakukan serangkaian sosialisasi dan edukasi untuk memastikan pemahaman yang komprehensif tentang produk derivatif di kalangan investor.

Komitmen BEI terhadap Inovasi

Sebagai bagian dari komitmennya untuk inovasi, BEI terus mengembangkan dan memperkenalkan produk-produk non-saham, termasuk derivatif, untuk memperluas pilihan investasi bagi pasar modal Indonesia. Langkah ini diharapkan dapat meningkatkan potensi keuntungan bagi investor di tengah dinamika pasar yang terus berubah.

Tentang Bursa Efek Indonesia

Bursa Efek Indonesia adalah lembaga yang menyediakan fasilitas bagi para pelaku pasar untuk melakukan transaksi saham, obligasi, dan instrumen keuangan lainnya. BEI berkomitmen untuk terus berinovasi dan menyediakan berbagai pilihan investasi yang dapat mendukung pertumbuhan ekonomi nasional.(*)


Tinggalkan Balasan