Rabu, Mei 22, 2024
BerandaKepulauan RiauDeputi BKKBN RI Kunjungi Kepulauan Anambas

Deputi BKKBN RI Kunjungi Kepulauan Anambas

samuderakepri.co.id, Anambas – Deputi Bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) RI, Dr. Ir. Asep Sasa Purnama, M.Si., melakukan kunjungan kerja ke Kepulauan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau, pada Rabu, 26/07/2023. Kunjungan ini bertujuan untuk melihat langsung kondisi dan perkembangan program kependudukan, keluarga berencana, dan pembangunan keluarga (KKBPK) di daerah tersebut.

Deputi BKKBN RI beserta rombongan disambut oleh Wakil Bupati Kepulauan Anambas, Wan Zuhendra, di Pelabuhan Sri Siantan, Tarempa, Kepulauan Anambas, pukul 16.00 WIB. Dalam sambutannya, Wan Zuhendra mengucapkan terima kasih atas kunjungan Deputi BKKBN RI dan berharap dapat meningkatkan kerjasama antara BKKBN RI dan Pemerintah Kepulauan Anambas dalam mendukung program KKBPK.

Deputi BKKBN RI mengapresiasi kinerja Pemerintah Kepulauan Anambas dalam melaksanakan program KKBPK. Ia juga menyampaikan beberapa arahan dan saran untuk memperbaiki dan memperkuat program KKBPK di Kepulauan Anambas, antara lain:

  • Meningkatkan cakupan pelayanan kontrasepsi bagi pasangan usia subur (PUS) dan remaja.
  • Mendorong partisipasi masyarakat dalam program generasi berencana (GenRe) dan pendewasaan usia perkawinan (PUP).
  • Mengembangkan model keluarga sejahtera berbasis potensi lokal dan budaya masyarakat.
  • Menyelenggarakan bimbingan perkawinan bagi calon pengantin dan pasangan baru menikah.
  • Menyediakan fasilitas dan sarana pendidikan keluarga bagi masyarakat.

Deputi BKKBN RI juga berkesempatan untuk meninjau beberapa lokasi pelayanan KKBPK di Kepulauan Anambas, seperti Puskesmas Tarempa, Posyandu Terpadu Sri Siantan, dan Rumah Generasi Berencana (Rumah GenRe). Ia berdialog dengan para petugas dan peserta program KKBPK serta memberikan bantuan berupa alat kontrasepsi dan bahan sosialisasi.

Kunjungan kerja Deputi BKKBN RI ke Kepulauan Anambas berlangsung selama dua hari, yaitu pada tanggal 26-27 Juli 2023. Kunjungan ini diharapkan dapat memotivasi dan memberikan dukungan kepada Pemerintah Kepulauan Anambas dalam mewujudkan visi Indonesia Berkualitas melalui program KKBPK.(***)

RELATED ARTICLES

Tinggalkan Balasan

- Advertisment -spot_img

Most Popular