Rabu, Mei 22, 2024
BerandaAnambasFestival Budaya Tuah Utare 2023 Resmi Dibuka di Anambas

Festival Budaya Tuah Utare 2023 Resmi Dibuka di Anambas

samuderakepri.co.id, Anambas – Festival Budaya Tuah Utare 2023 yang diselenggarakan di Desa Mubur Kecamatan Siantan Utara, Kabupaten Kepulauan Anambas, resmi dibuka oleh Bupati Kepulauan Anambas, H. Abdul Haris, S.H.,M.H pada hari Jumat, 25 Agustus 2023.

Festival yang berlangsung selama tiga hari ini merupakan kerjasama antara Harbour Energy Indonesia dan SKK Migas sebagai bentuk apresiasi terhadap seni dan budaya melayu di Kabupaten Kepulauan Anambas. Festival ini menampilkan berbagai tarian tradisional dari sejumlah sanggar seni yang ada di daerah ini, seperti Tarian Lemak Manis dan Tarian Zapin. Peserta festival terdiri dari pelajar sekolah dan anggota PKK.

Menurut Camat Siantan Utara, Iing Sumindar, ada 31 tim peserta yang mengikuti festival ini. 15 tim berasal dari pelajar sekolah untuk kategori Tarian Zapin dan 16 tim berasal dari PKK untuk kategori Tarian Lemak Manis.

Ia juga mengatakan bahwa festival ini bertujuan untuk melestarikan budaya melayu dan memberikan motivasi kepada generasi muda Kabupaten Kepulauan Anambas untuk mengembangkan potensi seni dan budaya mereka.

Abu Hanifah, perwakilan dari Harbour Energy Indonesia, menyatakan bahwa pihaknya akan terus berkomitmen bersama masyarakat dan Pemerintah Daerah untuk memberikan kontribusi positif bagi Kabupaten Kepulauan Anambas. Ia menyebutkan bahwa pihaknya akan terus mendukung berbagai program pendidikan, kebudayaan, kesehatan, lingkungan, dan lain-lain yang bermanfaat bagi masyarakat.

Bupati Kepulauan Anambas, H. Abdul Haris,S.H.,M.H mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Harbour Energy Indonesia dan SKK Migas atas penyelenggaraan dan dukungan penuh terhadap festival ini. Ia berharap bahwa festival ini dapat melahirkan generasi pewaris budaya yang terus melestarikan budaya khas Kabupaten Kepulauan Anambas.

Bupati juga mengajak kepada seniman dan penggerak seni dan budaya di Kabupaten Kepulauan Anambas agar terus berkarya dan menggali berbagai potensi seni dan budaya dari generasi muda. Ia berharap bahwa hal ini dapat menjadi daya tarik dan pesona bagi para wisatawan yang berkunjung ke daerah ini. Ia juga berharap bahwa potensi pariwisata di daerah ini dapat meningkatkan nilai jual di mata internasional dan kesejahteraan ekonomi masyarakat.(rls)

RELATED ARTICLES

Tinggalkan Balasan

- Advertisment -spot_img

Most Popular