Launching Aplikasi Siskeudes Online untuk Peningkatan Tata Kelola Desa di Anambas

0
79

samuderakepri.co.id, Anambas – Sebagai upaya untuk meningkatkan tata kelola keuangan dan pembangunan desa, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas meluncurkan aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) Online pada hari Sabtu, 26 Agustus 2023. Acara launching tersebut dihadiri oleh Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris, S.H., M.H., dan diikuti oleh perwakilan dari 52 desa yang ada di kabupaten tersebut.

Bupati Abdul Haris, S.H., M.H., dalam sambutannya menjelaskan bahwa aplikasi Siskeudes Online merupakan hasil kerjasama antara Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Aplikasi ini mulai diterapkan sejak tahun 2015 berdasarkan surat edaran dari Menteri Dalam Negeri dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) .

“Aplikasi Siskeudes Online ini bertujuan untuk mempermudah pengelolaan keuangan desa secara transparan, akuntabel, dan efisien. Aplikasi ini juga dapat dimonitor oleh pihak-pihak terkait melalui Monitoring Center for Prevention (MCP) KPK yang merupakan salah satu indikator penilaian pencegahan korupsi pemerintah daerah di bidang tata kelola desa,” ujar Abdul Haris, S.H., M.H.

Oleh karena itu, Bupati Abdul Haris, S.H., M.H., mengharapkan agar seluruh peserta launching dapat mengikuti pelatihan aplikasi Siskeudes Online yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa dengan baik. Ia juga berpesan agar aplikasi ini dapat segera diimplementasikan di setiap desa untuk mendukung penyelenggaraan pemerintahan desa yang lebih baik.

: Surat Menteri Dalam Negeri nomor 143/8350/bpd tanggal 27 November 2015 hal Aplikasi Pengelolaan Keuangan Desa : Surat KPK nomor B.7508/01-16/08/2016 tanggal 31 Agustus 2016 hal Implementasi Siskeudes Online dan Pedoman Penilaian Pencegahan Korupsi Pemerintah Daerah melalui Monitoring Center For Prevention (MCP) Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia Area Tata Kelola Desa.(rls)

Tinggalkan Balasan